Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Error, Story Terulang dari Awal Meski Sudah Dilihat

Kompas.com - 15/06/2022, 14:49 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Instagram mengeluhkan fitur Instagram Stories mengalami error, Rabu (15/6/2022) siang. Adapun error yang dikeluhkan adalah pengguna "dipaksa" menonton kembali konten Instagram Stories yang sudah dilihat sebelumnya.

Jadi, apabila pengguna sudah melihat beberapa segmen konten Instagram Stories milik pengguna lain, mereka akan diarahkan kembali ke segmen konten IG Stories paling awal, apabila membuka aplikasi atau me-refresh beranda lagi.

Misalnya, ketika pengguna lain mengunggah 5 segmen Instagram Stories dan Anda sudah melihat 3 stories sebelumnya.

Mestinya, bila Anda membuka Instagram Stories pengguna tersebut, Anda melanjutkan dua segmen Instagram lainnya. Namun, dengan adanya error ini, pengguna harus kembali melihat segmen Instagram Stories dari awal atau segmen pertama, kendati sudah dilihat sebelumnya.

Baca juga: Avatar TikTok Vs Instagram, Mana yang Lebih Menarik?

Berdasarkan pantauan KompasTekno dari Twitter, sejumlah pengguna Instagram yang terdampak error ini mengaku sudah mulai mengalami Instagram Stories error sejak beberapa hari lalu.

Beberapa pengguna mengaku Instagram Stories error ini terjadi setelah mereka melakukan update (pembaruan) aplikasi. Hingga kini, keluhan yang sama masih terjadi, salah satu tim KompasTekno pun mengalaminya.

"Baru update IG kok kalau lihat Stories jadi ngulang terus ya?" tweet salah satu pengguna Instagram di Twitter dengan handle @.gogoshinwon.

Selain itu, masalah ini tampaknya tidak hanya dialami oleh pengguna Instagram di Indonesia. Di Twitter, pengguna Instagram di beberapa negara juga dilaporkan mengalami masalah yang sama. Salah satunya pengguna asal Amerika Serikat.

"Apakah kalian juga melihat lagi Instagram Stories yang sudah kalian tonton sebelumnya hari ini? Kapanpun seseorang mengunggah konten baru, saya harus melihat semuanya (Instagram Stories) miliknya dari awal," tweet salah satu pengguna Instagram di Twitter dengan handle @chriswelch.

Meski demikian, tidak semua pengguna mengalami kendala serupa. Sebab, sebagian tim KompasTekno tidak mendapati Instagram Stories yang tayang berulang.

Dalam perbaikan

Instagram menyadari masalah pengulangan Stories yang dialami penggunanya. Juru bicara perusahaan induk Instagram, Meta, Christine Pai berkata bahwa tim di Instagram sedang berupaya memperbaiki Instagram agar kembali normal sesegera mungkin.

Baca juga: Cara Pin Postingan Foto dan Video Instagram di iPhone dan HP Android

"Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mengalami kendala akses Instagram Stories. Instagram sedang memperbaiki agar semuanya kembali normal sesegera mungkin. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Pai melalui email dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (15/6/2022).

Meski demikian, perusahaan tidak menjelaskan penyebab munculnya masalah tersebut. Menurut 9to5Google, kendala ini kemungkinan muncul karena adanya bug atau kerusakan teknis. 

Sejauh ini belum diketahui pasti berapa pengguna yang terdampak masalah pengulangan Instagram Stories. Belum diketahui pula kapan perbaikan Instagram Stories akan rampung.

Pantauan KompasTekno hingga berita ini ditulis, keluhan Instagram stories yang tayang berulang masih mengalir di Twitter. Dengan kata lain, perbaikannya belum selesai saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com