Kompas.com - 15/06/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna mungkin pernah mengalami memori penyimpanan pada handphone (HP) miliknya tanpa disadari tiba-tiba penuh, padahal tidak terlalu banyak menginstal aplikasi dan menyimpan media (foto atau video) di galeri.

Dari sekian banyak kemungkinan penyebab memori penyimpanan HP penuh, salah satu di antaranya bisa dikarenakan chat WhatsApp. Beberapa dari Anda mungkin bakal bertanya, apakah chat WhatsApp bisa memenuhi memori?

Baca juga: Arti 10 Istilah yang Kerap Dipakai di WhatsApp: SW, TC, PAP, dan Lainnya

Perlu diketahui, bila Anda aktif menggunakan aplikasi WhatsApp setiap harinya maka lambat laun memori penyimpanan HP bakal penuh. WhatsApp bisa jadi penyumbang terbesar jumlah konsumsi memori penyimpanan HP.

Lantas, apa yang membuat WhatsApp memakan banyak memori? Pada dasarnya seluruh chat WhatsApp yang dibuat pengguna bakal terekam menjadi sebuah data dan tersimpan di memori penyimpanan HP.

Tumpukan chat WhatsApp dalam rentang waktu yang cukup lama bisa memakan banyak ruang kosong di memori penyimpanan HP, apalagi dalam chat tersebut berisi file berukuran besar seperti foto, video, atau audio.

Meski file media tersebut tidak secara langsung Anda simpan di galeri HP, namun mereka bakal tetap mengendap dalam satu bagian penyimpanan WhatsApp. Tak heran bila semisal dijumpai ukuran penyimpanan WhatsApp yang semula hanya 200 Mb, bisa jadi 5 GB.

Membengkaknya ukuran WhatsApp di memori penyimpanan HP diakibatkan oleh chat yang menumpuk dan bertambah setiap hari. Untuk menghindari penumpukan itu, lantas bagaimana cara agar ruang penyimpanan WhatsApp tidak penuh?

Salah satu cara agar penyimpanan WhatsApp tidak penuh adalah dengan menghapus file media yang tersimpan di dalamnya. Untuk menghapus file media WhatsApp, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP.

Misalnya pada iPhone, cara menghapus file media itu bisa dilakukan dengan membuka menu “Settings” di aplikasi WhatsApp. Setelah itu, klik “Penyimpanan dan Data” dan pilih opsi “Kelola Penyimpanan”.

Lewat opsi tersebut, Anda bakal menemukan seluruh daftar file media yang tersimpan di WhatsApp, yang membuat memori penyimpanan HP penuh. Dari opsi “Kelola Penyimpanan” itulah, Anda bisa menghapus file media yang menumpuk.

Baca juga: 8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.