Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS5 Punya Fitur Mirip TikTok, Pemain Bisa Edit dan Share Video Pendek

Kompas.com - 16/06/2022, 16:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony memperkenalkan Bits, sebuah fitur editing terbaru untuk konsol PlayStation 5 (PS5).

Fitur ini terdapat di Share Factory Studio, yakni aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video langsung dari konsol.

Dengan fitur Bits, pengguna dapat membuat video pendek berupa cuplikan game yang sebelumnya telah direkam, dan dibubuhi berbagai elemen pemanis seperti TikTok.

Untuk menambah kesan menarik pada video pendek yang dibuat, Bits menyediakan sejumlah opsi editing seperti stiker animasi, teks, efek suara (sound FX), musik, voice over, doodle, hingga efek visual (visual FX).

Baca juga: Sony Bakal Genjot Produksi PS5

Sony luncurkan fitur editing Bits di PlayStation 5 (PS5).Sony Sony luncurkan fitur editing Bits di PlayStation 5 (PS5).

Seperti pada opsi voiceover misalnya, pengguna bisa mengubah suara hasil rekaman menjadi layaknya seperti suara robot, chipmunk, atau efek bergema.

Sony mengeklaim bahwa proses editing di Bits dapat dilakukan dengan mudah. Sebab, pengguna hanya perlu memilih efek dan menambahkannya pada cuplikan video yang diinginkan.

Semua proses editing di Bits dapat dioperasikan menggunakan controller PS5, yakni DualSense.

Bits juga dapat digunakan di aplikasi Game Captures yang bisa diunduh secara gratis melalui PlayStation App.

Cuplikan video yang sudah diedit nantinya dapat diakses melalui smartphone dan dibagikan ke media sosial, seperti Twitter dan YouTube.

Baca juga: Begini Tampilan Game PS5 Elden Ring jika Dimainkan di Game Boy

Selain menyediakan opsi untuk mengedit video, Bits juga menyajikan halaman khusus yang menampilkan hasil editan yang telah dibuat oleh pengguna PS5 lainnya.

Serupa dengan TikTok, pengguna dapat menyaksikan beragam cuplikan video di timeline, sebagai hiburan atau sekadar mencari inspirasi untuk membuat video baru.

Beragam jenis video yang terdapat pada Bits telah dikurasi berdasarkan aneka macam kategori, mulai dari Taco Tuesday, Sitcom Ending, Get Well Soon, dan Oh No Laugh.

Dengan menghadirkan Bits, Sony bermaksud untuk menambah pengalaman sekaligus menyediakan wadah untuk mengekspresikan pengalaman pemain saat sedang bermain game di PS5.

"Tujuan kami dengan Bits adalah membuatnya sangat mudah dan menyenangkan bagi para gamer PlayStation untuk membuat dan berbagi video gameplay berdurasi pendek untuk berbagi pencapaian keren, lelucon, aksi, dan jenis konten menarik lainnya," tulis Sony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PlayStation Blog, Kamis (16/6/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com