Kompas.com - 16/06/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - iPhone buatan Apple dibekali dengan fitur AssistiveTouch, yang memungkinkan penggunanya bernavigasi antarmenu atau aplikasi, melalui sebuah tombol bulat virtual yang "mengambang" di layar.

Selain iPhone, berbagai ponsel Android kekinian juga kini dibekali dengan fitur serupa. Oppo A16k, misalnya, mempunyai fitur Assistive Ball yang bisa dipakai pengguna, sebagai pengganti tombol navigasi yang biasanya ada di bawah layar.

Dengan begitu, pengguna ponsel terbaru Oppo ini bisa menyembunyikan tombol navigasi itu dan membuat layar lebih lega, sekaligus mengalihkan fungsinya ke tombol berbentuk elips tersebut.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo A16K di Indonesia

Di Oppo A16k sendiri, fungsi fitur Assistive Ball bisa diatur sesuai dengan selera. Fungsi pertama, tombol virtual ini bisa bertugas sebagai tombol navigasi seperti pengganti tombol navigasi bawah tadi.

Kemudian fungsi kedua, Assistive Ball bisa menampilkan beragam menu untuk operasi ponsel seperti penguncian layar, pengambilan screenshot, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan tombol Assistive Ball ini?

Cara mengaktifkan fitur Assistive Ball di Oppo A16k.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Assistive Ball di Oppo A16k.

  • Pertama-tama, kunjungi menu pengaturan (Settings) ponsel Oppo A16k. Di sana, pilih menu "Convenience tools" dan lalu pilih "Assistive Ball".
  • Pada tampilan selanjutnya, aktifkan opsi "Assistive Ball" dan pengguna pun bakal bisa mengatur opsi-opsi lainnya seputar fungsi fitur tersebut.
  • Di kolom "Operation Mode", misalnya, pengguna bisa mengubah fungsi tombol virtual bulat ini menjadi tombol navigasi biasa dengan memilih opsi "Gesture operations". 
  • Nantinya, tombol ini bakal bisa dipencet untuk kembali ke menu atau aplikasi sebelumnya, membuka daftar aplikasi yang sedang berjalan di sistem, atau kembali ke layar utama (home screen) ponsel.
  • Kemudian apabila pengguna memilih opsi "Tap menu", maka tombol bulat virtual ala iPhone ini bakal menampilkan berbagai menu terkait pengoperasian ponsel, sebagaimana ilustrasi gambar sebelah kanan berikut.

Cara mengaktifkan fitur Assistive Ball di Oppo A16k.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Assistive Ball di Oppo A16k.

Menu-menu tesebut mencakup kembali ke menu atau aplikasi sebelumnya, menu untuk mengambil screenshot, menu untuk menampilkan aplikasi yang sedang berjalan, menu untuk mengunci layar ponsel, dan menu untuk kembali ke home screen.

Selain mengubah fungsi tombol virtual, pengguna juga bisa mengatur tingkat transparansi tampilan visual tombol tersebut melalui kolom "Opacity".

Baca juga: 6 Fitur Oppo A96 agar Makin Nyaman Lihat Layar

Lalu, mereka juga bisa mengaktifkan opsi "Hide in full screen" untuk menyembunyikan tombol virtual berbentuk elips ini dari layar ketika sebuah aplikasi sedang berjalan dengan layar penuh (full screen).

Jika ingin memunculkannya lagi, pengguna cukup melakukan usapan (swipe) dari ujung kanan atau kiri atas layar ke bagian bawah atau tengah layar.

Di samping bisa diatur-atur fungsi dan tampilan visualnya, tombol Assistive Ball ini juga bisa dipindahkan posisinya ke berbagai sisi layar ponsel Oppo A16k.

Untuk memindahkan posisi tombol Assistive Ball, pengguna hanya perlu menekan tombol tersebut dan memindahkannya ke sisi layar yang diinginkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.