Zuckerberg Pamer Tampilan Baru Instagram yang Mirip TikTok

Kompas.com - 17/06/2022, 08:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Berbagai konten yang dimuat di linimasa TikTok ditampilkan dalam mode layar penuh alias full screen. Kini, Instagram juga bakal memiliki tampilan linimasa yang serupa.

Hal ini disampaikan CEO Meta, Mark Zuckerberg, memamerkan tampilan baru Instagram dalam unggahan di akun IG miliknya. Menurut Zuckerberg, tampilan layar penuh ini hadir untuk mempermudah pengguna menelusuri berbagai konten di Instagram.

Foto dan video yang akan ditampilkan di kolom Feed tampak menggunakan rasio 16:9. Alhasil, konten yang diunggah di Instagram akan memiliki ukuran yang lebih luas.

Tampilan yang sedang diuji coba tersebut terlihat hampir serupa dengan standar ukuran video yang disajikan di TikTok. Sebagai informasi, TikTok menyajikan video dengan rasio serupa, yakni 16:9 atau 9:16.

"Konten foto masih merupakan bagian penting dari Instagram, dan kami sedang berupaya untuk meningkatkan tampilan visual mereka di Instagram Feed supaya bisa dimuat secara full screen," ujar Zuckerberg dalam sebuah unggahan di Instagram Stories.

Zuckerberg tidak menyebut kapan fitur ini meluncur ke pengguna secara umum. Namun, ia mengatakan bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba dan bakal menyambangi sejumlah pengguna Instagram secara global.

Baca juga: Instagram Error, Story Terulang dari Awal Meski Sudah Dilihat

Nantinya, mereka yang mendapatkan fitur ini akan bisa melihat konten foto atau video yang ada di Instagram Feed ditampilkan dalam layar yang nyaris penuh, mirip seperti linimasa milik TikTok, seperti pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi tampilan full screen di Instagram Feed.Instagram Ilustrasi tampilan full screen di Instagram Feed.
Deretan tombol di bagian atas layar, seperti tombol membuat post baru, notifikasi, hingga Direct Message (DM) akan masuk di bagian atas konten.

Kolom caption, tombol "like", komentar, hingga tombol share yang ada di bagian bawah juga akan ditempatkan di dalam konten yang diunggah.

Meski demikian, deretan tab yang berada di bagian bawah aplikasi Instagram, seperti tab home, discover, Reels, Shop, hingga Profile, masih akan berada di tempat yang sama dan tidak akan menindih tampilan konten foto atau video Instagram Feed.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.