Kompas.com - 17/06/2022, 09:30 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Google "menjewer" salah satu karyawannya yang bernama Blake Lemoine setelah ia mendapat perhatian dari media karena menyebut kecerdasan buatan (AI) yang dipakai Google semakin mirip manusia.

Belum lama ini, dalam halaman Medium pribadinya, Lemoine mengungkapkan kekhawatirannya kepada publik bahwa teknologi AI bernama bernama The Language Model for Dialogue Applications (Lamda), memiliki perasaan dan kesadaran layaknya manusia.

Padahal proyek AI tersebut merupakan informasi internal. Karena hal tersebut, Google memberikan sanksi kepada Lemoine karena dinilai melanggar kebijakan perusahaan.

Tim pengembangan AI Google kemudian menskors Lemoine setelah ia memperlihatkan serangkaian transkrip percakapan antara dirinya dengan chatbot Lamda di Medium pribadinya.

Baca juga: Ini Gambar Terbaru dan Harga Google Pixel 6A di Beberapa Negara

Selain itu, Lemoine juga dihukum karena sejumlah tindakan yang dinilai agresif, termasuk berusaha menyewa pengacara untuk mewakili Lamda hingga melaporkan aktivitas Google yang disebut tidak etis ke perwakilan Komite AS.

Menurut Google, Lemoine dipekerjakan sebagai insinyur, bukan pakar etika. Klaim Lemoine sendiri dinilai tidak terbukti oleh perusahaan.

"Tim kami termasuk pakar etika dan teknologi sudah meninjau kekhawatiran Lemoine sesuai dengan prinsip AI kami dan kami telah menginformasikan Lemoine bahwa klaimnya tidak terbukti. Tidak ada bukti bahwa Lamda adalah makhluk hidup (dan banyak bukti menentangnya)," kata juru bicara Google, Brad Gabriel dalam sebuah pernyataan kepada Washington Post.

Tidak disebutkan sampai kapan skors untuk Lemoine ini berlaku. Namun, dalam sebuah unggahan di akun Twitter-nya, ia mengatakan tengah "bulan madu" hingga 21 Juni mendatang.

Disebut mirip film 2001: A Space Odyssey

Lemoine sendiri memang terlibat dalam proyek Lamda dan ikut mengembangkan sistem AI untuk Lamda sejak musim gugur atau sekitar akhir tahun 2021 lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.