Kompas.com - 17/06/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Beberapa miliarder dari perusahaan raksasa teknologi harus legowo kekayaan bersihnya menguap lebih dari 60 miliar dollar AS (setara Rp 889 triliun) sepanjang tahun ini.

Sebut saja seperti CEO Tesla Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, serta CEO Meta Mark Zuckerberg.

Menurut data Bloomberg Billionaires Index per Jumat (17/6/2022), secara kumulatif, kekayaan bersih dari ketiganya telah berkurang hampir mencapai 200 miliar dollar AS atau setara Rp 2.967,3 triliun.

Ada beberapa faktor yang ikut andil dalam menguapnya kekayaan tiga miliarder di industri teknologi ini.

Mulai dari pelambatan ekonomi Amerika Serikat karena suku bunga acuan The Fed dinaikkan, kekhawatiran akan potensi resesi AS, serta tiga indeks saham terbesar di bursa saham AS Wall Street yang turun.

Baca juga: Saham Alphabet, Meta, Microsoft, dkk Ramai-ramai Kebakaran, Ada Apa?

Elon Musk

Bila dirinci, Elon Musk menjadi orang yang paling banyak kehilangan kekayaan, yakni mencapai 67,18 miliar dollar AS (Rp 1.005,9 triliun).

Selama memimpin Tesla, Elon Musk diketahui hanya dibayar dalam bentuk option awards atau opsi saham, bukan gaji dalam bentuk uang tunai.

Jadi, kekayaan Musk sangat bergantung pada saham Tesla. Tak ayal, ketika tiga indeks saham di bursa saham AS Wall Street turun, ini membuat kekayaan Musk ikut menguap juga.

Setelah kekayaannya berkurang, menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Bos Tesla ini turun ke angka 203 miliar dollar AS (kira-kira Rp 3.011 triliun).

Baca juga: Elon Musk Jadi CEO dengan Gaji Tertinggi 2021 Versi Fortune

Dengan total kekayaan tersebut, Elon Musk masih berada di posisi nomor wahid sebagai orang paling tajir di dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.