Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Baru di Group Call WhatsApp

Kompas.com - 17/06/2022, 14:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis, tidak hanya satu, melainkan tiga kemampuan baru untuk fitur panggilan grup (group call).

Ketiga kemampuan baru ini diklaim mampu meningkatkan dan memudahkan pengalaman pengguna saat menggunakan fitur panggilan suara di grup.

Beberapa pembaruan yang dibawa oleh WhatsApp mencakup kemampuan untuk dapat mengetahui nama pengguna lain yang ikut bergabung di panggilan grup.

1. Ketahui partisipan yang bergabung

Ketika sedang berada dalam panggilan grup, pengguna dapat mengetahui nama pengguna lain yang baru saja masuk ke dalam panggilan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Group Call dan Group Video Call di WhatsApp

Hal ini diindikasikan dengan munculnya notifikasi "(nama pengguna WhatsApp) telah bergabung dalam panggilan".

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk bisa langsung mengirimkan pesan dan mengetahui nama pengguna lain yang baru saja bergabung saat panggilan grup.WhatsApp WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk bisa langsung mengirimkan pesan dan mengetahui nama pengguna lain yang baru saja bergabung saat panggilan grup.

2. Mute peserta lain

Kemampuan lain yang turut dihadirkan WhatsApp adalah kontrol untuk dapat mematikan suara (mute) pengguna lain yang tengah bergabung di panggilan suara grup.

Ketika kemampuan ini diaktifkan, pengguna tak lagi akan mendengar suara yang keluar dari pengguna yang dipilih.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk memblokir suara bising ketika sedang berusaha mendengarkan pengguna tertentu.

Baca juga: Cara Ganti Background Video Call WhatsApp

3. Kirim pesan saat group call

Terakhir, WhatsApp kini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan kepada orang lain yang sedang tergabung dalam group call.

Fitur ini dapat ditemukan dengan menekan nama pengguna lain yang ada di panggilan grup WhatsApp dan pilih opsi "Kirim pesan ke (nama pengguna lain)".

"Fitur baru ini memungkinkan pengguna mengirim pesan ke sesama partisipan dengan cepat, tanpa harus melewatkan percakapan yang sedang berlangsung," tulis WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (17/6/2022).

Pantauan KompasTekno, ketiga fitur ini sudah bisa dicoba bagi pengguna di Indonesia, menggunakan WhatsApp Android versi 2.22.14.7 dan iOS versi 22.2.75.

Jika belum mendapatkan tiga fitur baru group call di atas, cek update melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Fitur-fitur baru lain

WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi yang rutin menggelontorkan sejumlah pembaruan pada platformnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp setidaknya telah meluncurkan lima pembaruan kepada pengguna desktop, Android dan iOS.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com