Kompas.com - 17/06/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Oppo A16k merupakan salah satu ponsel murah baru yang dipasarkan Oppo di Indonesia.

Ponsel ini hanya dibekali dengan satu kamera depan beresolusi 5 MP (f/2.4) dan satu kamera belakang yang beresolusi 13 MP (f/2.2).

Artinya, Oppo A16k tidak dibekali dengan kamera depth sensor untuk memotret dengan efek bokeh, kamera makro untuk memotret obyek dari jarak dekat, hingga kamera telefoto untuk memotret obyek dari jarak jauh. 

Lantas, bagaimana hasil foto yang diambil dari kamera yang tertanam di bagian depan dan belakang ponsel ini? 

Baca juga: Oppo Resmi Luncurkan Reno7 A, Ini Harganya

Secara keseluruhan, foto yang dihasilkan kamera ponsel ini terbilang cukup baik, terutama ketika kondisi pencahayaan di sekitar obyek mencukupi atau terang.

Hasil kamera utama 13 MP (f/2.2) Oppo A16k mode siang hari. Bisa dilihat, obyek rumput, sungai, dan bangunan masih memiliki warna dan detail yang cukup tajam.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil kamera utama 13 MP (f/2.2) Oppo A16k mode siang hari. Bisa dilihat, obyek rumput, sungai, dan bangunan masih memiliki warna dan detail yang cukup tajam.

Ketika kami memotret suasana sungai menggunakan kamera utama Oppo A16k, misalnya, kami bisa mendapatkan detail dan warna yang cukup untuk beragam obyek yang dijangkau kamera, sebagaimana tampak pada gambar di atas.

Seperti diketahui, kamera utama Oppo A16k sendiri dibekali dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa menerapkan fitur HDR, atau peningkatan kualitas warna pada hasil foto, secara otomatis.

Hasilnya, foto yang dibidik nantinya bakal memiliki tingkat warna yang lebih tajam daripada aslinya, sebagaimana gambar bunga berikut ini.

Hasil foto kamera utama 13 MP (f/2.2) di Oppo A16k. Bisa dilihat, ponsel ini mampu mengabadikan tanaman dengan detail dan warna yang cukup baik dalam jarak yang cukup dekat, meski ponsel ini sejatinya tidak memiliki kamera makro.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama 13 MP (f/2.2) di Oppo A16k. Bisa dilihat, ponsel ini mampu mengabadikan tanaman dengan detail dan warna yang cukup baik dalam jarak yang cukup dekat, meski ponsel ini sejatinya tidak memiliki kamera makro.

Selain foto siang hari, kamera utama Oppo A16k juga terbilang bisa diandalkan untuk pemotretan malam hari. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan fitur Night Mode yang sudah tersedia di ponsel terbaru Oppo ini.

Baca juga: Oppo A16k Punya Tombol Bulat Mengambang di Layar seperti iPhone, Begini Pakainya

Pada saat kami memotret kondisi gang di malam hari misalnya, obyek tembok, lampu, dan rumah-rumah di sekitar tampak bisa dilihat dengan cukup baik, sebagaimana gambar di bawah berikut ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.