Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Defender Versi Baru Mulai Disebar untuk Windows, iOS, MacOS, dan Android

Kompas.com - 17/06/2022, 17:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, Microsoft telah merilis pratinjau "preview" aplikasi antivirus Microsoft Defender (Windows Defender) untuk Android dan iOS. Akhirnya, perusahaan software itu resmi merilisnya untuk platform macOS, iOS, dan Android.

Selain itu, Microsoft Defender saat ini juga tersedia untuk individu, bukan lagi ditujukan bagi organisasi atau pelaku bisnis.

Namun, aplikasi Microsoft Defender hanya akan di-bundling dengan Microsoft 365, baik paket untuk Personal maupun Keluarga (Family).

Artinya, aplikasi antivirus ini hanya akan tersedia bagi pelanggan Microsoft 365, tidak bisa dibeli secara terpisah untuk aplikasi Microsoft Defender saja.

Baca juga: Microsoft Rilis Preview Aplikasi Antivirus untuk Android

Adapun harga paket Microsoft 365 dipatok mulai Rp 95.999 per bulannya untuk paket personal, sedangkan paket keluarga seharga Rp129.999 per bulannya.

Fitur-fitur yang tersedia nantinya akan bervariasi, tergantung pada paket yang dipilih. Untuk lebih jelasnya, bisa dicek di situs Microsoft berikut.

"Penambahan portofolio antivirus kami lewat Microsoft Defender untuk individual adalah progres yang menarik dan sudah seharusnya dalam perjalanan kami sebagai perusahaan keamanan," kata Wakil Presiden Microsoft Vasu Jakkal, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (17/7/2022).

Baca juga: Microsoft Internet Explorer Disetop Hari Ini, Apa Penggantinya?

Beda platform beda fitur

Fitur yang tersedia akan berbeda untuk masing-masing platform. Untuk platform iOS dan iPadOS, tidak akan ada fitur pelindung antivirus.

Alih-alih, fitur yang hadir di Microsoft Defender versi iOS dan iPadOS nantinya adalah fitur anti-phishing, serta dashboard yang mencakup notifikasi untuk perangkat lain.

Beda lagi di Windows. Di platform ini, Microsoft Defender bukan untuk menggantikan aplikasi Windows Security yang sudah terpasang secara built-in (bawaan).

Pengguna bakal bisa melihat beberapa opsi antivirus, seperti Norton, McAfee, dan lainnya.

Microsoft Defender sendiri juga akan menyertakan peringatan keamanan dan berbagai tips ke pengguna. Akan tetapi, fitur ini hanya akan tersedia untuk Windows dan macOS saja.

Baca juga: Microsoft Ungkap Jutaan HP Android Rentan Di-hack

Ke depannya, Microsoft berjanji akan membawa lebih banyak fitur di aplikasi Microsoft Defender.

"Ini baru permulaan. Seiring berjalannya waktu, kami akan terus membawa lebih banyak perlindungan menyeluruh dalam satu dashboard, termasuk fitur-fitur seperti perlindungan untuk pencurian identitas dan koneksi online yang aman,"

Microsoft Defender sudah mulai bisa diunduh sesuai platform yang digunakan pelanggan Microsoft 365. Berikut link unduh Microsoft Defender untuk masing-masing platform:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com