Kompas.com - 17/06/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, Microsoft telah merilis pratinjau "preview" aplikasi antivirus Microsoft Defender (Windows Defender) untuk Android dan iOS. Akhirnya, perusahaan software itu resmi merilisnya untuk platform macOS, iOS, dan Android.

Selain itu, Microsoft Defender saat ini juga tersedia untuk individu, bukan lagi ditujukan bagi organisasi atau pelaku bisnis.

Namun, aplikasi Microsoft Defender hanya akan di-bundling dengan Microsoft 365, baik paket untuk Personal maupun Keluarga (Family).

Artinya, aplikasi antivirus ini hanya akan tersedia bagi pelanggan Microsoft 365, tidak bisa dibeli secara terpisah untuk aplikasi Microsoft Defender saja.

Baca juga: Microsoft Rilis Preview Aplikasi Antivirus untuk Android

Adapun harga paket Microsoft 365 dipatok mulai Rp 95.999 per bulannya untuk paket personal, sedangkan paket keluarga seharga Rp129.999 per bulannya.

Fitur-fitur yang tersedia nantinya akan bervariasi, tergantung pada paket yang dipilih. Untuk lebih jelasnya, bisa dicek di situs Microsoft berikut.

"Penambahan portofolio antivirus kami lewat Microsoft Defender untuk individual adalah progres yang menarik dan sudah seharusnya dalam perjalanan kami sebagai perusahaan keamanan," kata Wakil Presiden Microsoft Vasu Jakkal, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (17/7/2022).

Baca juga: Microsoft Internet Explorer Disetop Hari Ini, Apa Penggantinya?

Beda platform beda fitur

Fitur yang tersedia akan berbeda untuk masing-masing platform. Untuk platform iOS dan iPadOS, tidak akan ada fitur pelindung antivirus.

Alih-alih, fitur yang hadir di Microsoft Defender versi iOS dan iPadOS nantinya adalah fitur anti-phishing, serta dashboard yang mencakup notifikasi untuk perangkat lain.

Beda lagi di Windows. Di platform ini, Microsoft Defender bukan untuk menggantikan aplikasi Windows Security yang sudah terpasang secara built-in (bawaan).

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.