Kompas.com - 18/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan platform perpesanan instan yang tidak hanya bisa diakses di ponsel. Lewat salah satu versinya, WhatsApp Web, pengguna juga bisa berkirim pesan WhatsApp via browser di desktop (laptop atau komputer).

Dengan WhatsApp Web, pengguna tak perlu repot untuk membuka aplikasi WhatsApp di ponsel untuk membalas pesan ketika sedang bekerja di depan laptop.

Baca juga: Trik Agar Chat WhatsApp Tidak Memenuhi Memori Penyimpanan HP

Untuk bisa menggunakannya, pengguna cukup menautkan akun WhatsApp yang terdapat di ponsel ke WhatsApp Web. Akun ditautkan dengan memindai kode QR yang tertera di WhatsApp Web.

Kendati memudahkan pengguna, bukan berarti tidak ada masalah yang terjadi pada WhatsApp Web. Adapun salah satu masalah yang kerap dijumpai adalah WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Beberapa dari Anda mungkin pernah atau tengah menjumpai masalah itu.

Saat masalah tersebut muncul, biasanya Anda tidak bakal bisa mengakses halaman akun WhatsApp atau hanya terhenti pada proses sinkronisasi akun. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp Web yang tidak bisa dibuka?

Untuk mengatasi masalah itu, sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk memahami dulu beberapa penyebab kenapa Whatsapp Web tidak bisa dibuka. Pasalnya, tiap penyebab memiliki solusi yang berbeda.

Berikut KompasTekno rangkumkan daftar penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka, serta cara mengatasinya, .

Penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka

1. Koneksi internet yang buruk

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka secara umum adalah desktop terhubung dengan koneksi internet yang buruk. Sebagaimana umum diketahui, layanan WhatsApp bertumpu pada koneksi internet.

Bila koneksi internet buruk maka bakal kesulitan untuk mengakses layanan WhatsApp. Dalam konteks ini, cara mengatasi WhatsApp gagal tidak bisa dibuka adalah dengan memeriksa koneksi internet pada jaringan WiFi yang terhubung ke desktop.

Langkah awalnya, silakan kunjungi platform buat cek kualitas koneksi internet, seperti Speedtest by Ookla. Bila pada situs tersebut hasilnya tengah terjadi penurunan kualitas koneksi internet, cobalah untuk memulai ulang perangkat router WiFi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.