Kompas.com - 19/06/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Facebook tampaknya cukup serius ingin menyaingi popularitas TikTok. Jejaring sosial raksasa itupun tengah menyiapkan strategi yang lebih "matang" dari sebelumnya.

Kabarnya, Facebook akan merombak tampilan di platform mereka agar mirip dengan TikTok. Strategi itu diungkap oleh Head of Facebook App Tom Alison dalam sebuah memo, sebagaimana laporan The Verge.

Strategi pertama yang akan menjadi fokus Facebook adalah mengubah platform menjadi "Discovery Engine", di mana pengguna akan dijejali rekomendasi konten dari akun atau kreator yang "tidak terkait" dengan mereka atau belum mereka ikuti.

Baca juga: Remaja AS Lebih Pilih Tiktok dan Snapchat ketimbang Instagram-Facebook

Nantinya, rekomendasi utama dari konten yang disuguhkan, baik Facebook Reels, unggahan, foto, dan sebagainya, akan hadir dari akun-akun yang tidak terhubung dengan pengguna.

Pengguna akan menerima dan melihat konten yang lebih banyak dari akun-akun asing secara acak dan melihat lebih sedikit unggahan dari kerabat atau saudara mereka.

Kira-kira, "Discover Engine" ini bakal mirip fitur "For You" alias FYP di TikTok. Sebetulnya, strategi tersebut telah diaplikasikan terlebih dahulu di Instagram Reels saat ini.

Seperti yang diketahui, Instagram Reels seringkali menyuguhkan konten-konten dari akun acak yang bisa jadi tidak terkait dengan pengguna.

Jumlah unggahan dari akun acak terpantau jauh lebih banyak dibandingkan unggahan dari akun yang diikuti pengguna. Hal ini dikarenakan Reels juga mengadopsi sistem yang diimplementasikan Tiktok.

Baca juga: Apa Itu FYP di TikTok dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Berbagai alasan juga dijelaskan Alison terkait pertimbangan dan keputusan dari perusahaannya yang ingin merombak tampilan Facebook agar "mirip" Tiktok.

Ketika ingin bersaing dengan TikTok, Facebook perlu melakukan perubahan dengan meniru pengalaman unik dan menarik yang disajikan TikTok.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.