Kompas.com - 20/06/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Dukungan aplikasi Zoom untuk ChromeOS akan segera dihapus oleh perusahaan. Keputusan ini efektif berlaku pada Agustus mendatang. Itu artinya, pengguna tidak akan lagi bisa menginstal aplikasi Zoom di laptop Chromebook.

Zoom mengatakan, dihapusnya dukungan aplikasi perusahaan untuk Chromebook adalah agar bisa memberikan solusi yang lebih baik bagi pengguna.

Sebelum benar-benar ditutup, Zoom juga sudah mengirimkan notifikasi penghapusan aplikasi kepada pengguna Chromebook.

"Aplikasi ini tidak akan lagi didukung resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome PWA baru untuk bergabung ke rapat di ChromeOS," demikian keterangan pemberitahuan tersebut, seperti dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Mengenal Chromebook, Bedanya dengan Laptop Biasa dan Daftar Harga di Indonesia

Meski ditutup, Zoom menghadirkan solusi pengganti yaitu Zoom yang mendukung Progressive Web App (PWA) di Chromebook. Dengan kata lain, pengguna yang akan memakai Zoom di ChromeOS, harus mengaksesnya melalui aplikasi web.

Dukungan Chrome PWA sudah dimulai Zoom sejak tahun 2021. Pada versi ini, Zoom juga sudah melengkapi aplikasinya dengan serangkaian pembaruan fitur.

Menurut 9to5Google, Zoom untuk Chrome PWA merupakan aplikasi yang lebih lengkap dibanding aplikasi aslinya seperti di Windows atau macOS. Zoom untuk Chrome PWA juga dilengkapi dengan antarmuka yang lebih mutakhir, termasuk background yang dapat dibuat blur.

Baca juga: Zoom Rilis Fitur Avatar, Peserta Rapat Bisa Ganti Wajah Jadi Kucing

Meski ditutup, pengguna yang masih memakai aplikasi Zoom versi Chrome lawas masih dapat menjalankan aplikasinya. Akan tetapi, waktunya mungkin akan lebih terbatas dibanding sebelumnya.

Alasan Zoom untuk Chromebook dihapus

Aplikasi Zoom untuk Chromebook sudah tersedia dalam beberapa tahun, dengan fungsi yang sederhana tanpa tambahan fitur khusus. Zoom bahkan tidak menghadirkan pembaruan yang signifikan pada aplikasi versi Chromebook tersebut di samping versi lainnya.

Penyebab aplikasi Zoom untuk Chromebook dihapus adalah karena aplikasi tersebut dibangun di atas teknologi lawas. Teknologi yang dimaksud lawas di sini yaitu aplikasi Chrome "tradisional" yang dinilai tidak begitu relevan untuk digunakan lagi saat ini.

Baca juga: Zoom Luncurkan Layanan Contact Center

Apalagi, Google sudah mengumumkan pihaknya akan menghapus aplikasi Chrome lawas itu di semua platform pada Agustus 2020. Pada beberapa platform seperti Windows, Mac dan Linux bahkan dukungannya sudah berakhir pada Juni 2021.

Juni 2022, Google juga akan menarik aplikasi Chrome lawas di ChromeOS. Dengan demikian, terbilang wajar jika Zoom mengakhiri dukungan resmi bagi aplikasinya untuk Chromebook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.