Telegram Premium Resmi Meluncur, Ini Bedanya Dibanding Versi Biasa

Kompas.com - 20/06/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan awal bulan ini, Telegram resmi meluncurkan layanan berbayarnya yang diberi nama "Telegram Premium" pada Minggu (19/6/2022).

"Hari ini kami meluncurkan Telegram Premium – langganan yang memungkinkan Anda mendukung pengembangan lanjutan Telegram dan memberi Anda akses ke fitur tambahan eksklusif," tulis Telegram dalam sebuah postingan di blog resmi.

Telegram Premium menawarkan beragam fitur premium yang merupakan peningkatan dari fitur "biasa". Telegram juga menyematkan beberapa fitur baru yang sebelumnya tidak dijumpai di layanan Telegram versi biasa alias gratis.

Baca juga: Telegram Pastikan Layanan Berbayar Meluncur pada Juni

Untuk lebih jelasnya, berikut fitur-fitur eksklusif Telegram Premium yang membedakannya dengan layanan Telegram biasa (gratis).

Konversi pesan suara ke teks

Pelanggan Telegram Premium dapat mengonversi pesan suara menjadi pesan teks secara otomatis.blog Telegram Pelanggan Telegram Premium dapat mengonversi pesan suara menjadi pesan teks secara otomatis.
Dengan berlanganan Telegram Premium, pengguna dapat menikmati fitur baru yang memungkinkan untuk mengonversi pesan suara (voice message) menjadi pesan teks.

Ini sangat berguna ketika pengguna menerima voice message, namun sedang tidak membawa earphone untuk mendengarkannya.

Nah, dengan fitur transkrip pesan suara ini, pengguna tetap bisa menerima pesan berbasis suara tanpa perlu mendengarkannya.

Nantinya, pengguna hanya perlu mengeklik ikon "A dengan panah ke kanan" untuk mentranskrip voice message menjadi pesan teks. Hasil transkrip akan tersedia di bawah voice message.

Baca juga: Telegram Diblokir di Brasil gara-gara Tidak Balas E-mail MA

Kustomisasi folder chat utama

Selama ini, ketika membuka aplikasi Telegram, pengguna akan langsung melihat seluruh daftar ruang obrolan (all chat), mulai chat dari teman kantor, keluarga, channel yang diikuti, atau chat dari orang baru sekalipun.

Dengan berlangganan Telegram Premium, pengguna mendapatkan fitur premium baru yang dapat mengatur daftar chat miliknya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.