Kompas.com - 20/06/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Pada April lalu, WhatsApp tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status online, alias "Last Seen" kepada kontak tertentu. Kini, fitur tersebut akhirnya resmi dirilis WhatsApp secara global.

Hal itu disampaikan WhatsApp via akun media sosial resminya, salah satunya melalui Twitter dengan handle @WhatsApp. Menurut WhatsApp, fitur ini diluncurkan guna melindungi privasi pengguna di dunia maya, terutama ketika berkomunikasi via WhatsApp.

"Untuk meningkatkan keamanan pengguna, kami tengah menggelontorkan opsi (fitur) baru di laman pengaturan privasi WhatsApp," tulis WhatsApp. 

Baca juga: 10 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Ganti Background Video Call, Sudah Coba?

Sebelumnya, fitur Last Seen sendiri diketahui hanya akan menyembunyikan status online dari seluruh pengguna WhatsApp.

Namun setelah fitur terbaru ini meluncur, status online akhirnya bisa disembunyikan dari pengguna WhatsApp yang tersimpan di kontak alias "My contacts", atau pengguna WhatsApp lain secara spesifik alias "My contacts except...".

Fitur untuk menyembunyikan Last Seen WhatsApp dan tampilannya di menu pengaturan.KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur untuk menyembunyikan Last Seen WhatsApp dan tampilannya di menu pengaturan.

Fitur menyembunyikan status Last Seen sendiri bisa diatur melalui menu "Settings" > "Account" > "Privacy" dan > "Last seen". Di sana, pengguna bisa memilih dari siapa saja status online WhatsApp akan disembunyikan, sebagaimana gambar keempat paling kanan di atas.

Baca juga: 3 Fitur Baru di Group Call WhatsApp

Selain Last Seen, fitur untuk menyembunyikan aktivitas WhatsApp dari kontak tertentu juga bisa diterapkan ke informasi foto profil alias "Profile Photo" dan laman tentang pengguna alias "About", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (20/6/2022).

Cara mengaturnya mirip dengan cara menyembunyikan status Last Seen tadi, hanya saja pengguna perlu memilih menu "Profile Photo" atau "About" di laman "Privacy", sebagaimana tampak pada gambar ketiga di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.