Kompas.com - 20/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Perangkat handphone (HP) telah melewati cukup banyak transformasi, bagi dari segi fitur maupun desain yang diusung. Berbicara soal desain, mungkin bisa jadi hal yang cukup mudah untuk melihat proses transformasi pada HP.

Model-model HP lawas, katakanlah untuk keluaran tahun 2000’an, umumnya punya desain atau bentuk yang beragam atau bervariatif. Kala itu, tiap vendor bisa menghasilkan HP dengan bentuk yang khas.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Saking khasnya, bila berada di masa itu, Anda mungkin bisa cukup mudah untuk membedakan antar merek HP hanya dengan sekali lirik. Misalnya, HP Nokia N-Gage yang dikeluarkan pada sekitar tahun 2003.

Nokia N-Gage.Nokia Nokia N-Gage.

N-Gage memiliki dimensi yang berbentuk seperti trapesium. Kemudian, susunan keypad atau keyboard-nya dibuat seperti joystick pada konsol game. Di waktu yang hampir sama, terdapat  Motorola V70 dengan memiliki desain yang cukup unik pula.

Motorola V70Motorola Motorola V70

Motorola V70 memiliki desain layaknya perangkat HT (Handy Talky), dengan bezel layar membulat dan masih terdapat antena sinyal. Desain yang unik semacam itu mungkin tak lagi bisa dijumpai pada model-model HP saat ini.

Kebanyakan HP yang beredar saat ini bisa dikatakan punya kemiripan desain. Secara umum, hampir semua desain HP kini umumnya punya dimensi yang berbentuk segi empat dengan layar full touchscreen. Contoh kemiripan ini bisa dilihat di Oppo A16 dan Vivo Y20 (2021).

Oppo A16 di IndonesiaOppo Oppo A16 di Indonesia

Vivo Y20 (2021)GSM Arena Vivo Y20 (2021)

Baca juga: Tahukah Tombol Power Punya Simbol “I” dan “O”? Berikut Artinya

Keduanya punya desain yang hampir mirip, yakni berdimensi segi empat dengan layar full touchscreen, serta terdapat lubang kamera depan berbentuk teardrop. Selain dari contoh tersebut, masih banyak lagi model HP dengan desain serupa yang beredar saat ini.

Lantas, mengapa desain HP kini tampak mirip? Desain HP kini yang tampak mirip tak bisa lepas dari pengaruh pergerakan Apple saat pertama kali meluncurkan iPhone di tahun 2007.

iPhone generasi pertama telah mengusung desain berdimensi segi empat dan layar full touchscreen, dengan mengurangi cukup banyak tombol fisik.

Di masa itu, kebanyakan vendor, seperti Blackberry dan Nokia, masih disibukkan untuk membuat HP berdesain elegan dengan menyematkan keyboard fisik QWERTY, guna memenuhi kebutuhan pengguna kelas bisnis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.