Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah

Kompas.com - 20/06/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pekerja atau pelajar, tampaknya WiFi telah menjadi kebutuhan utama saat ini. Pasalnya, koneksi internet yang disebarkan lewat jaringan WiFi tak terbatas dengan kuota. Beda dengan koneksi internet dari jaringan seluler yang membutuhkan kuota.

Dengan WiFi, pengguna tak perlu khawatir kehabisan kuota internet saat ingin streaming video, melakukan telekonferensi, mengunduh file materi, dan sebagainya. Pengguna cukup langganan per bulan ke operator untuk bisa bebas mengakses layanan internet lewat WiFi.

Baca juga: 3 Cara Restart WiFi Saat Koneksi Internet Mengalami Gangguan

Kendati lebih bebas, tapi adakalanya koneksi internet pada WiFi juga bisa mengalami gangguan lantaran tengah terjadi perbaikan jaringan dari provider atau cuaca yang buruk (hujan badai).

Saat gangguan terjadi, umumnya kecepatan internet pada WiFi jadi menurun alias lemot. Untuk memastikan sedang terjadi gangguan, pengguna bisa cek kecepatan internet pada WiFi terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara melihat kecepatan internet pada WiFi? Cara cek kecepatan WiFi bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa situs web, misal salah satu yang cukup terkenal yaitu situs web Speedtest by Ookla.

Lewat situs web itu, pengguna bisa cek kecepatan WiFi, berdasar ukuran kecepatan unduh dan unggah dalam satuan Mbps (Megabit per second), serta ukuran latensi atau waktu yang dibutuhkan untuk transmisi data internet dalam satuan Ms (Milisecond).

Bagi yang ingin cek kecepatan WiFi, berikut KompasTekno rangkumkan situs apa saja untuk mengecek kecepatan internet, yang bisa diakses lewat browser di laptop atau handphone (HP).

Cara cek kecepatan WiFi di HP dan laptop

1. Speedtest by Ookla

Ilustrasi cara cek kecepatan internet via Speedtest by OoklaSpeedtest.net Ilustrasi cara cek kecepatan internet via Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla merupakan salah satu situs untuk mengecek kecepatan internet yang cukup terkenal. Cara cek kecepatan WiFi lewat Speedtest by Ookla bisa diakses dengan mengunjungi laman ini https://www.speedtest.net/id.

Saat laman telah terbuka, silakan klik opsi “Mulai” dan situs web bakal memulai mendeteksi kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan WiFi yang terhubung di perangkat. Pemeriksaan kecepatan mungkin bakal membutuhkan waktu sekitar 3 menit.

2. Fast.com

Ilustrasi cara cek kecepatan WiFi via Fast.comfast.com Ilustrasi cara cek kecepatan WiFi via Fast.com

Fast.com merupakan situs untuk mengecek kecepatan internet yang dikembangkan oleh perusahaan Netflix. Cara cek kecepatan WiFi lewat Fast.com bisa diakses dengan mengunjungi laman ini https://fast.com melalui browser di laptop dan HP.

Saat laman terbuka, pengguna tak perlu mengetuk opsi apapun untuk cek kecepatan WiFi. Situs bakal memulai pemeriksaan secara otomatis. Hasil pemeriksaan kecepatan WiFi bakal muncul setelahnya.

3. SpeedSmart

Ilustrasi cara cek kecepatan internet via SpeedSmartspeedsmart.net Ilustrasi cara cek kecepatan internet via SpeedSmart

SpeedSmart merupakan situs web dengan fitur utama untuk melakukan cek kecepatan internet. Untuk memulai memeriksa kecepatan internet lewat situs ini, silakan kunjungi laman https://speedsmart.net. Saat laman terbuka, klik opsi “Start Test”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com