Kompas.com - 21/06/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Samsung mematenkan desain ponsel dengan layar yang dapat digulung ke badan paten dunia, World Intellectual Property Organization.

Ada tiga desain layar gulung (rollable) yang dipatenkan Samsung. Meski konsepnya sama, namun orientasinya yang berbeda.

Desain pertama menunjukkan layar ponsel yang bisa ditarik ke bawah/vertikal. Tertulis bahwa desain gulung seperti ini memiliki biaya produksi yang lebih hemat.

Dengan demikian, rasio aspek layar akan jadi lebih lebar saat layar ditarik ke bawah. Aspek rasio ini akan menjadi unik karena ponsel akan memanjang ke bawah. Belum lazim digunakan oleh kebanyakan vendor.

Baca juga: Samsung Amankan Galaxy Z Roll, Kandidat Ponsel Layar Gulung?

Samsung mematenkan desain ponsel gulungnya (Sumber: Phone Arena) Samsung mematenkan desain ponsel gulungnya (Sumber: Phone Arena)

Desain paten kedua menunjukkan layar yang bisa ditarik ke samping atau horizontal. Menjadikan layar memiliki rasio aspek yang lebih bisa diterima berdasar standar saat ini, seperti untuk bermain game atau menonton YouTube.

Paten kedua dari desain ponsel layar gulung milik Samsung, terdiri dari layar lebar yang sudah ditarik (tengah), layar baian depan (tengah), dan layar bagian belakang (kanan) (Sumber: Phone Arena) Paten kedua dari desain ponsel layar gulung milik Samsung, terdiri dari layar lebar yang sudah ditarik (tengah), layar baian depan (tengah), dan layar bagian belakang (kanan) (Sumber: Phone Arena)
Paten ketiga juga memiliki konsep layar yang ditarik ke samping (horizontal), namun juga menyertakan bagaimana kamera akan ditempatkan di layar yang bisa ditarik-ulur, dan cara kerjanya.

Baca juga: Samsung Bikin Smartphone Galaxy A Versi Lipat?

Desain ini juga bertujuan menyederhanakan desain, menghemat daya, serta memperluas ruang di dalam perangkat.

Paten dari desain Samsung ketiga untuk ponsel layar gulung (rollable) (Sumber: Phone Arena) Paten dari desain Samsung ketiga untuk ponsel layar gulung (rollable) (Sumber: Phone Arena)

Inovasi ponsel Samsung

Samsung berhasil meraup keuntungan dari penjual ponsel lipatnya, yakni Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold. Namun kin perusahaan melakukan inovasi baru dengan memperkenalkan ponsel dengan layar yang dapat digulung.

Lantas, mengapa Samsung memproduksi ponsel yang dapat digulung ketika ponsel lipat mereka masih laku di pasaran?

Baca juga: Berapa Harga Ganti Layar Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (21/6/2022), Galaxy Z Flip dan Z Fold memang tidak akan digantikan saat ponsel layar gulung ini nanti meluncur. Samsung diduga hanya menambah opsi ketiga bagi konsumennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber phonearena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.