Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Tanggal Dimulainya Turnamen M4 Mobile Legends World Championship

Kompas.com - 21/06/2022, 14:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Moonton resmi mengumumkan tanggal kompetisi e-sports game Mobile Legends skala dunia, yaitu M4 World Championship.

Hal itu disampaikan melalui sebuah video YouTube berjudul "M4 is Coming Soon!" yang diunggah kanal "Mobile Legends: Bang Bang Official".

Dalam video singkat berdurasi sekitar 20 detik itu, Moonton menampilkan beragam keseruan di ajang M-World Championship Series tahun-tahun sebelumnya, mulai dari M1 World Championship, M2 World Championship, hingga M3 World Championship.

Mereka juga menampilkan tim-tim e-sports yang menjadi jawara di setiap ajang M-World Championship Series.

Di antaranya seperti tim asal Indonesia, Evos Legends yang menjuarai M1 World Championship, Bren Esports (Filipina) untuk M2 World Championship, dan Blacklist International (Filipina) untuk M3 World Championship.

Baca juga: Daftar Istilah Populer di Mobile Legends, Mulai dari GG, CD, Poke, hingga AFK

Adapun gelaran M4 World Championship dicantumka akan diselenggarakan pada 1 Januari hingga 15 Januari 2023 mendatang.

Tidak disebutkan di mana, mekanisme turnamen, serta siapa saja yang akan berpartisipasi dalam kompetisi e-sports bergengsi level global untuk game Mobile Legends tersebut.

Informasi-informasi itu kemungkinan bakal disampaikan dalam beberapa waktu ke depan, boleh jadi mendekati tanggal resmi M4 World Championship digelar.

Bakal digelar secara offline?

Meski lokasinya belum diumumkan, ajang M4 World Championship kemungkinan besar akan diselenggarakan secara fisik alias offline.

Pasalnya, M-World Championhip Series sebelumnya selalu digelar dengan megah di sebuah panggung atau venue di salah satu negara peserta.

Tim Evos Legends Indonesia yang Juara Dunia Mobile Legends 2019.TWITTER/EVOSPORTS Tim Evos Legends Indonesia yang Juara Dunia Mobile Legends 2019.
Pada M1 World Championship, misalnya, kompetisi tersebut digelar di Malaysia pada November 2019 lalu.

Kala itu, Evos Legends berhasil membawa pulang trofi juara dan mendapatkan hadiah utama uang tunai senilai 80.000 dollar AS (sekitar Rp 1,1 miliar, asumsi 1 dolar AS = Rp 14.800).

Lalu pada M2 World Championship, kompetisi ini digelar di Singapura pada Januari 2021 lalu, dan dimenangkan oleh tim asal Filipina, Bren Esports. Mereka berhasil membawa pulang hadiah 140.000 dollar AS (sekitar Rp 2 miliar).

Baca juga: Sejarah E-sports di Dunia, Turnamen dan Game Pertama hingga Masuk Cabang Olahraga

M3 World Championship kembali digelar di negara yang sama, yakni di Singapura pada Desember 2021 lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Selasa (21/6/2022).

Saat itu, Filipina kembali mempertahankan gelar juara M-World Championship Series lewat Blacklist International yang membawa pulang hadiah senilai 300.000 dolar AS (sekitar Rp 4,4 miliar).

Lantas, berapa hadiah M4 World Championship dan siapa yang akan menjadi tuan rumahnya? Kita nantikan saja informasi selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Liquipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com