Kompas.com - 21/06/2022, 15:36 WIB

KOMPAS.com - Game Valorant dilaporkan down pada hari ini Selasa (21/6/2022) siang sekitar pukul 14.00. Game first-person shooter (FPS) besutan Riot Games ini dikeluhkan tidak dapat diakses oleh pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs Downdetector, laporan masalah meningkat tajam pada pukul 14.02 WIB. Dari 920 laporan yang disampaikan pengguna, sebanyak 67 persen pengguna mengeluhkan masalah koneksi server.

Hal ini mengakibatkan banyaknya keluhan yang membanjiri lini masa Twitter. Salah satunya yang disampaikan oleh pengguna dengan handle @sedangtidurZzzz.

Ia menjelaskan gangguan yang terjadi pada game Valorant dan layanan voice chat Discord yang biasa digunakan untuk berkomunikasi saat main game.

Baca juga: Cloudflare Down, Discord dkk Ikut Tumbang

Sementara akun dengan handle @ervancahsolo menjelaskan bahwa ia tidak dapat menggunakan fitur komunikasi "chat" di dalam game Valorant.

Akun Twitter dengan handle @theanesia mengatakan bahwa gagal saat hendak login ke dalam game Valorant.

Ia juga mengeluh tidak bisa mengakses Genshin Impact, Discord, hingga League of Legends: Wild Rift.

Imbas Cloudflare down

Akar masalah yang dialami Valorant dan sejumlah game lain, tampaknya disebabkan oleh tumbangnya Cloudflare hari ini.

Di halaman laporan Valorant di situs downdetector, tercantum tulisan bahwa "Valorant tumbang kemungkinan berhubungan dengan Cloudflare".

Cloudflare sendiri adalah layanan yang menjadi jembatan antara pengunjung sebuah situs atau aplikasi dengan hosting. Cloudflare bertugas mengamankan sekaligus meningkatkan kecepatan transfer data antar server.

Baca juga: Game PC Valorant Dibuat Versi Mobile untuk Android dan iOS

Game Valorant juga menggunakan API layanan Cloudflare untuk game-nya.

Pihak Cloudflare sendiri mengeklaim telah menemukan sumber masalah dan sudah melakukan perbaikan sehingga layanan kembali normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.