Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Sulap PlayStation 5 Jadi Lebih Ramping dan Adem

Kompas.com - 21/06/2022, 16:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsol game teranyar Sony PlayStation 5 (PS5) merupakan perangkat yang memiliki ukuran "raksasa".

Bahkan, konsol tersebut lebih bongsor dibanding pendahulunya, PlayStation 4 (PS4) Pro versi paling mumpuni.

Sebagai perbandingan, PS4 Pro memiliki dimensi 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg. Sementara PS5 punya dimensi bodi lebih bongsor, yakni 390 mm x 260 mm x 104 mm dengan bobot 4,5 kg.

Sony kemungkinan akan membuat versi PS5 yang lebih kecil di masa depan, seperti apa yang dilakukan dengan PS4 Slim pada November 2016 lalu.

Namun, hal itu belum bisa dipastikan. Jika ada, maka konsol game tersebut boleh jadi bakal diperkenalkan Sony beberapa tahun lagi.

Baca juga: PlayStation 5 Berlapis Emas 4,5 Kg Dijual Rp 7 Miliar

Nah, karena tampaknya tak mau menunggu ketidakpastian, YouTuber dari kanal YouTube "DIY Perks" memutuskan untuk membuat PS5 Slim versinya sendiri yang bisa berfungsi dan dimainkan layaknya PS5 biasa.

Selain lebih tipis, PS5 racikan sang YouTuber juga dibuat lebih adem alias suhu konsol tersebut berhasil diturunkan ketimbang versi aslinya.

Untuk membuat konsol game tersebut menjadi kenyataan, ia menggunakan satu unit PS5 dan mempreteli komponen-komponen terluarnya.

Mainboard PS5 yang tebal lantaran ditempeli dengan komponen heatsink.YouTube.com/DIYPerks Mainboard PS5 yang tebal lantaran ditempeli dengan komponen heatsink.

Tidak disebutkan versi PS5 apa yang digunakan, namun baik PS5 versi Digital maupun Disc memiliki dimensi ketebalan sekitar 10 cm.

Baca juga: PlayStation 5 Resmi Meluncur di Indonesia

DIY Perks sendiri ingin menurunkan angka dimensi tersebut dan membuatnya menjadi lebih tipis, sehingga PS5 miliknya itu bisa mencapai dimensi ketebalan 2 cm.

Setelah mempreteli komponen luarnya, DIY Perks lantas hanya mengambil bagian mesin inti alias mainboard dari PS5, komponen yang terpenting untuk seluruh pemrosesan gaming di PS5.

Pada mainboard tersebut, ia lantas mencopot komponen peredam panas (heatsink) yang diklaim "boros tempat" sampai-sampai membuat ketebalan mainboard menjadi 5,5 cm.

Menambah pelat pengganti heatsink

Ilustrasi PS5 yang sudah ditempeli dengan pelat buatan yang bisa meredam panas.YouTube.com/DIYPerks Ilustrasi PS5 yang sudah ditempeli dengan pelat buatan yang bisa meredam panas.

Setelah mencopotnya, DIY Perks lalu mengganti komponen tersebut dengan sistem pendingin berbahan tembaga buatan yang tentunya lebih kecil dan tipis dari heatsink bawaan PS5, sebagaimana aneka pelat berwarna silver yang tampak pada gambar di atas.

Kemudian, ia melakukan berbagai kustomisasi terhadap beragam komponen pendukung PS5 lainnya macam kabel, komponen sistem pendingin lain, modul penghantar tenaga (power supply), dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com