Kompas.com - 21/06/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsol game teranyar Sony PlayStation 5 (PS5) merupakan perangkat yang memiliki ukuran "raksasa".

Bahkan, konsol tersebut lebih bongsor dibanding pendahulunya, PlayStation 4 (PS4) Pro versi paling mumpuni.

Sebagai perbandingan, PS4 Pro memiliki dimensi 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg. Sementara PS5 punya dimensi bodi lebih bongsor, yakni 390 mm x 260 mm x 104 mm dengan bobot 4,5 kg.

Sony kemungkinan akan membuat versi PS5 yang lebih kecil di masa depan, seperti apa yang dilakukan dengan PS4 Slim pada November 2016 lalu.

Namun, hal itu belum bisa dipastikan. Jika ada, maka konsol game tersebut boleh jadi bakal diperkenalkan Sony beberapa tahun lagi.

Baca juga: PlayStation 5 Berlapis Emas 4,5 Kg Dijual Rp 7 Miliar

Nah, karena tampaknya tak mau menunggu ketidakpastian, YouTuber dari kanal YouTube "DIY Perks" memutuskan untuk membuat PS5 Slim versinya sendiri yang bisa berfungsi dan dimainkan layaknya PS5 biasa.

Selain lebih tipis, PS5 racikan sang YouTuber juga dibuat lebih adem alias suhu konsol tersebut berhasil diturunkan ketimbang versi aslinya.

Untuk membuat konsol game tersebut menjadi kenyataan, ia menggunakan satu unit PS5 dan mempreteli komponen-komponen terluarnya.

Mainboard PS5 yang tebal lantaran ditempeli dengan komponen heatsink.YouTube.com/DIYPerks Mainboard PS5 yang tebal lantaran ditempeli dengan komponen heatsink.

Tidak disebutkan versi PS5 apa yang digunakan, namun baik PS5 versi Digital maupun Disc memiliki dimensi ketebalan sekitar 10 cm.

Baca juga: PlayStation 5 Resmi Meluncur di Indonesia

DIY Perks sendiri ingin menurunkan angka dimensi tersebut dan membuatnya menjadi lebih tipis, sehingga PS5 miliknya itu bisa mencapai dimensi ketebalan 2 cm.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.