Elon Musk Bikin Harga Dogecoin Naik Saat Dituduh Menipu

Kompas.com - 21/06/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Elon Musk belum lama ini digugat oleh Keith Johnson, seorang investor uang kripto Dogecoin. Dalam gugatan senilai 258 miliar dollar AS (Rp 3.800 triliun) itu, Johnson berkata dirinya kehilangan banyak uang setelah investasi di Dogecoin.

Elon Musk dianggap oleh Johnson menggunakan skema piramida untuk memanipulasi harga Dogecoin, dan mendapat untung dari uang kripto tersebut.

Menanggapi hal itu, Musk berkata ia akan terus mendukung Dogecoin. Hal ini ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya berhandle @elonmusk.

Setelah cuitan Musk itu, harga Dogecoin dilaporkan naik hampir 13 persen di situs Binance menjadi 0,05877 dollar AS (Rp 870) per keping koin pada Senin (20/6) waktu AS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari India Times, Selasa (21/6/2022).

Pantauan KompasTekno di situs CoinMarketCap saat artikel ini ditulis, harga Dogecoin dibanderol 0,06172 dollar AS per keping (Rp 914), naik 5,69 persen dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Elon Musk Dituntut Ganti Rugi Rp 3.800 Triliun gara-gara Dogecoin

Sejak 2019

Elon Musk memang telah menyatakan dukungannya terhadap Dogecoin sejak 2019. Ia bahkan pernah berkata bahwa ia menerima pembayaran dengan Dogecoin di toko online Tesla pada Desember 2021, serta di SpaceX.

Menurut situs Decrypt, sejak Februari 2018 hingga Februari 2019, Musk menyatakan dirinya tidak memiliki uang kripto selain 0,25 Bitcoin. Namun pada April 2019, Musk mengetwit "Dogecoin mungkin jadi uang kripto favorit saya. Ini cukup keren."

Sejak saat itu, Dogecoin mulai terkenal, terlebih Musk terus mempopulerkannya. Decrypt juga menyebutkan bahwa pencarian Dogecoin naik dari tahun 2019 hingga 2020, utamanya ketika Musk membuat twit soal uang kripto tersebut.

Sayangnya praktik ini dinilai Johnson sebagai taktik tipuan dari Elon Musk untuk memanipulasi harga Dogecoin.

Baca juga: Elon Musk Borong Saham Twitter, Harga Dogecoin Melesat

Johnson menilai harga Dogecoin yang tak memiliki nilai dasar dan tidak diamankan oleh lembaga pemerintah atau swasta di AS, mudah dimanipulasi oleh berbagai promosi atau twit yang dilontarkan Musk di Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.