Google Sindir Apple soal Warna Chat di iMessage

Kompas.com - 22/06/2022, 10:45 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Google menyindir Apple terkait aplikasi pesan milik Apple di iPhone atau disebut iMessage. Dalam sindirannya, Google menggunakan lagu milik Drake bertajuk "Text Go Green" dari album terbaru Nevermind yang baru dirilis pada Jumat (17/6/2022) lalu.

Meskipun lirik lagu tersebut tidak mencatutkan nama Apple maupun Google, judulnya dinilai mengarah pada gelembung chat berwarna hijau yang akan muncul di aplikasi iMessage ketika mengirim pesan kepada pengguna Android.

Warna gelembung tersebut memang menjadi penanda untuk membedakan pesan yang dikirim dari sesama iPhone melalui iMessage, atau ponsel lain.

Saat menerima pesan dari ponsel lain seperti Android, gelembung chat akan berwarna hijau. Itu menandakan bahwa pesan yang diterima adalah berbentuk SMS atau MMS.

Sementara saat menerima pesan dari sesama pengguna iMessage, gelembung akan berwarna biru.

Perbandingan pesan yang dikirim dari iMessage atau SMS/MMS di iPhoneGSM Arena Perbandingan pesan yang dikirim dari iMessage atau SMS/MMS di iPhone

Perbedaan ini lantas menjadi kontroversi. Laporan dari Wall Street Journal pada Januari lalu menyebutkan bahwa perbedaan warna gelembung chat di iMessage menyebabkan pengguna Android, khususnya kalangan muda, merasa dikucilkan saat berkomunikasi dengan pengguna iOS.

Baca juga: Saat Apple Gagal Rayu Pengguna Android Hijrah ke iPhone lewat iOS 16...

Google pun mengunggah sebuah video di akun resmi Android dengan handle @Android. Dalam video tersebut Google menampilkan teks putih berlatar hitam dengan audio narator ala Google Assistant atau Google Maps serta aransemen lagu "Text Go Green".

Teks tersebut bukan merupakan lirik lagu "Text Go Green" dari Drake, melainkan sindiran Google untuk Apple soal warna gelembung chat yang dibuat inklusif untuk Android.

Selain itu, Google juga mengajak agar Apple mau terbuka dan menggunakan RCS atau Rich Communication Services untuk berkomunikasi.

RCS sendiri merupakan standar komunikasi yang konon dapat menggantikan SMS. RCS bekerja mirip aplikasi chat lain seperti WhatsApp. Dengan RCS, pengguna ponsel Android bisa chatting tanpa perlu mengunduh aplikasi seperti WhatsApp atau Telegram.

Halaman:
Sumber 9to5Google


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.