Kompas.com - Diperbarui 23/06/2022, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Pasar kripto dunia saat ini masih lesu. Beberapa mata uang kripto populer seperti Bitcoin dan Ethereum pun harganya sempat anjlok hingga lebih dari 20 persen.

Dalam Forum Ekonomi Qatar, Elon Musk menanggapi pasar kripto yang melemah dan menegaskan bahwa ia tidak pernah menyarankan orang lain untuk investasi kripto.

"Saya tidak pernah berkata bahwa orang harus investasi kripto," kata Elon Musk dalam Forum Ekonomi Qatar secara virtual.

Baca juga: Elon Musk Bikin Harga Dogecoin Naik Saat Dituduh Menipu

"Dalam kasus Tesla, SpaceX, saya sendiri, kami semua memang membeli beberapa Bitcoin, tapi itu persentasenya kecil dari total aset tunai kami," imbuhnya.

Musk sendiri memang tidak pernah secara gamblang mengajak orang untuk investasi kripto. Namun ia kerap menyatakan dukungannya ke uang kripto, seolah isyarat nasihat investasi, sehingga orang lain tergerak untuk melirik aset digital tersebut.

Baca juga: Direksi Restui Akuisisi Twitter oleh Elon Musk Senilai Rp 652 Triliun

Misalnya saat ia mengumumkan bahwa perusahaannya, Tesla mulai menerima Bitcoin sebagai alat tukar untuk membeli mobil Tesla.

Orang yang ingin membeli kendaraan merek Tesla dengan Bitcoin, tentu harus membeli atau investasi Bitcoin terlebih dahulu sebelum belanja mobil Tesla. Menurut Mashable, praktik ini agak bersifat promosi kripto.

Selanjutnya, Musk pernah mengumumkan peluncuran satelit SpaceX yang diberi nama Dogecoin. Sebagaimana namanya, misi tersebut akan dibayar memakai kripto Dogecoin sehingga menjadikan Dogecoin sebagai "kripto pertama di luar angkasa".

Kemudian melalui akun Twitternya, Musk berkata kalau dirinya akan makan makanan di TV jika McDonald's menerima Dogecoin. Kalimat ini lagi-lagi seolah menjadi isyarat ajakan bagi orang lain untuk memakai Dogecoin.

Baca juga: Bill Gates Sebut NFT dan Kripto sebagai Greater Fool Theory, Apa Maksudnya?

Jadi, jika ditelusur, Musk memang tidak pernah secara langsung mengajak atau melarang orang lain untuk investasi kripto.

Halaman:
Sumber MASHABLE


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.