Kompas.com - 22/06/2022, 11:15 WIB

KOMPAS.com- Sejumlah pengguna Instagram (IG) di Indonesia mengeluh konten yang muncul di tab Explore di aplikasi Instagram mereka berubah. Tidak hanya di Indonesia, sejumlah pengguna Instagram di negara lain juga merasakan hal serupa.

Mereka menduga sistem atau algoritmanya telah direset oleh Instagram, seperti baru membuat akun.

Berbagai keluhan tersebut tertuang di media sosial Twitter. Menurut beberapa pengguna, konten yang ditampilkan di laman Explore IG sudah tak sesuai lagi dengan preferensi konten yang mereka sukai.

Baca juga: Pengguna Mengeluh Konten Explore IG Berubah, Ada Apa?

Alih-alih konten yang mereka lihat selama ini, pengguna mengaku laman Explore Instagram mereka menampilkan konten yang jauh dari preferensi mereka. Misalnya, Explore Instagram berubah jadi pemandangan, konten dari bidang fotografi, dan lain sebagainya.

Padahal, sebelumnya konten-konten tersebut tidak muncul karena bukan preferensi pengguna.

Lantas, kenapa explore Instagram tiba-tiba berubah?

Baca juga: Cara Menambahkan She/Her atau He/His di Instagram Android dan iOS

Penjelasan Meta soal Explore IG yang berubah

Menurut Meta, perusahaan induk yang menaungi Instagram, pihaknya memastikan bahwa tidak ada masalah atau bug di laman Explore Instagram.

Namun, mereka mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan sejumlah pembaruan di Instagram baru-baru ini.

"Pada minggu ini, Instagram ada pembaruan beberapa fitur untuk (algoritma) 'Rekomendasi', sehingga proses pembaruan bisa mempengaruhi pengguna yang (aplikasi) Instagram-nya belum diperbarui," jelas juru bicara Meta ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (22/6/2022).

Untuk pengalaman maksimal tanpa adanya masalah atau ketidaksesuaian konten, juru bicara Meta tersebut mengimbau pengguna untuk segera memperbarui aplikasi Instagram mereka melalui toko aplikasi di platformnya masing-masing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.