Trik Streaming Musik Sambil Main TikTok di HP Samsung Agar Suara Tak Bertabrakan

Kompas.com - 22/06/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda memutar lagu via streaming music sambil scrolling TikTok? Tentu saja, lagu dari streaming music dan suara dari aplikasi TikTok akan saling bertabrakan bila dijalankan bersamaan.

Ketika pengguna sedang streaming musik di YouTube Music/Spotify misalnya, lalu membuka aplikasi TikTok, maka lagu yang diputar di platform streaming music secara otomatis akan terhenti, lalu digantikan dengan suara dari TikTok. Setelah aplikasi TikTok ditutup, barulah lagu di YouTube Music/Spotify kembali dimainkan. 

Begitu pula ketika kita sedang mendengarkan lagu dengan sambungan bluetooth di mobil, lalu ada panggilan masuk. Biasanya, musik akan berhenti dan panggilan telepon justru akan disiarkan melalui speaker mobil.

Baca juga: Cara Menambah dan Mengganti Filter di TikTok dengan Mudah

Alhasil, pengguna mau tak mau harus memutuskan hubungan bluetooth terlebih dahulu, ketika mengangkat telepon. Hal ini cukup merepotkan pengguna.

Namun, khusus bagi pengguna ponsel Samsung, ada trik yang bisa dilakukan agar tetap bisa menikmati konten audio dari dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

Triknya, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur "separate app sound" atau suara aplikasi terpisah di ponsel Samsung.

Baca juga: Cara Membuat Playlist Spotify untuk Teman Mudik Lebaran 2022

Cara aktifkan "separate app sound" di HP Samsung

Pantauan KompasTekno di ponsel Samsung Galaxy A73 5G, fitur tersebut dapat ditemukan dengan mudah di "Settings" > "Sound and vibration" > "Separate app sound" > geser toggle "Turn on now".

Setelah diaktifkan, pengguna dapat memilih satu aplikasi tertentu dan mengatur agar suara dari aplikasi hanya diputar di perangkat audio yang spesifik, yaitu melalui speaker bawaan ponsel atau sambungan bluetooth.

Cara mengaktifkan fitur separate app sound agar bisa mendengarkan dua konten audio dari dua aplikasi berbeda.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengaktifkan fitur separate app sound agar bisa mendengarkan dua konten audio dari dua aplikasi berbeda.
Sebagai contoh, kami memilih agar konten audio dari aplikasi TikTok hanya dimainkan melalui speaker bawaan ponsel.

Nah, ketika kami memutar musik dari aplikasi YouTube Music/Spotify dan menyambungkannya ke speaker/earphone bluetooth, lagu akan terus berjalan meski pengguna membuka aplikasi TikTok.

Baca juga: Cara Menambah dan Menggunakan Filter Avatar TikTok yang Tengah Viral

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.