Kompas.com - 22/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Instagram rutin menambahkan sejumlah fitur baru tiap tahunnya. Seperti aplikasi media sosial umumnya, fitur baru tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi Instagram.

Hingga pertengahan tahun ini saja, terhitung setidaknya Instagram telah menggelontorkan sembilan fitur baru ke pengguna. Salah satu contoh fitur baru Instagram adalah seperti pembuatan karakter animasi 3D atau Avatar.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Efek Instagram yang Gagal Digunakan

Lewat fitur ini, pengguna bisa membuat karakter animasi 3D yang merepresentasikan dirinya, dengan berbagai macam pilihan desain. Avatar yang dibuat nantinya bisa digunakan sebagai stiker untuk dibagikan ke pengguna lain.

Tak hanya menghibur, dalam deretan daftar fitur Instagram terbaru, terdapat pula fitur yang bisa membantu pengguna saat situasi genting, seperti Amber Alert. Dengan fitur itu, Instagram bakal membantu orang tua untuk menemukan anaknya yang hilang.

Selain dua contoh di atas, masih banyak lagi fitur di Instagram yang baru ditambahkan oleh perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan apa saja fitur baru Instagram.

Daftar fitur Instagram terbaru

1. Avatar Instagram

Pengguna Instagram bisa membuat avatar dirinya melalui menu stiker. Nantinya, avatar tersebut akan hadir sebagai stiker yang bisa diunggah di Stories. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Pengguna Instagram bisa membuat avatar dirinya melalui menu stiker. Nantinya, avatar tersebut akan hadir sebagai stiker yang bisa diunggah di Stories.

Fitur baru Instagram yang pertama adalah Avatar. Lewat fitur ini pengguna bisa membuat karakter animasi 3D. Kemudian, Avatar itu bisa dibagi ke pengguna lain lewat stiker. Untuk cara membuatnya, silakan cek di artikel ini “Cara Bikin Avatar di Instagram”.

2. Parental Control

Fitur Parental Control kini memungkinkan orang tua mengirim permintaan untuk mengawasi aktivitas anak remajanya di Instagram. Lewat fitur ini, orang tua bisa melihat akun yang di-report oleh sang anak. Untuk pengoperasiannya, silakan cek di tautan ini.

3. Pin foto atau video di Feed

Sekarang, foto atau video di halaman Feed Instagram bisa disematkan sehingga berada pada daftar teratas. Cara menggunakan fitur ini bisa dicek pada artikel “Cara Pin Postingan Foto dan Video Instagram di iPhone dan HP Android”.

4. Durasi Reels diperpanjang

Dulu video Reels hanya bisa dibuat dengan opsi durasi 15 detik, 30 detik, atau 60 detik. Kini, durasi Reels diperpanjang jadi 90 detik. Penjelasan yang lebih lengkap soal pengoperasioan fitur ini bisa dicek di artikel “Instagram Reels Diperpanjang Jadi 90 Detik”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.