Kompas.com - 22/06/2022, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Google Form merupakan sebuah alat untuk pengguna dapat menghimpun berbagai data dari berbagai responden.

Melalui Google Form, pengguna yang membutuhkan data – data tertentu dapat menghimpunnya dengan mudah hanya dengan membagikan link Google Formulirnya.

Setelah menghimpun data, pengguna akan mulai mengumpulkan atau melakukan filter data di media lain untuk memudahkan kebutuhannya. Misalnya saja hasil dari Google Form akan diketik ulang di dokumen tertentu sebagai bahan rekapan atas banyak data yang sudah terkumpul.

Namun hal ini dirasa membutuhkan waktu lama dan tidak efisien.  Maka dari itu untuk memudahkan merekap data, Google Form memiliki fitur yang dapat dihubungkan dengan Spreadsheet.

Anda dapat menghubungkan Google Form ke Spreadsheet agar secara otomatis dapat melakukan rekap data dari Formulir yang telah disebarkan.

Nantinya saat pengguna lain mengisi Form, data akan secara otomatis tercatat pada Google Sheets dan Anda tidak perlu repot menulis ulang. Lantas bagaimana cara menghubungkan Google Form dengan Spreadsheet? Berikut ini caranya.

Baca juga: Cara “Copy” Tabel dari Website ke Google Spreadsheet dengan Cepat

Cara menghubungkan Google Form dengan Spreadsheet

cara hubungkan google form dengan spreadsheet Kompas.com/soffyaranti cara hubungkan google form dengan spreadsheet

  • Buat Formulir terlebih dahulu sesuai kebutuhan Anda 
  • Seteleh itu klik menu “Response”
  • Klik ikon Google Sheet berwarna hijau di pojok kanan atas
  • Pilih “Create a new spreadsheet
  • Masukkan nama spreadsheet Anda
  • Klik “Buat”
  • Nantinya Google Sheet akan menampilkan data dari responden yang Anda minta sesuai format yang telah dibuat sebelumnya

Namun sebelum menyebarluaskan ke banyak responden, Anda dapat memastikan terlebih dahulu Google Form dan Spreadsheet sudah terhubung. Caranya dengan mencobanya mengisi kuisioner Anda sendiri.

Baca juga: 4 Situs Pembuat Formulir Online Gratis Selain Google Form

Jika respon yang telah ditulis dapat terhimpun di Spreadsheet secara otomatis, kamu bisa melanjutkan dengan mulai membagikan ke target responden. Demikian cara menghubungkan Google Form dengan Google Sheet. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.