Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Pendaftaran PPDB Jabar 2022 Tahap 2 Jalur Zonasi dan Prestasi Rapor

Kompas.com - Diperbarui 23/06/2022, 08:16 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru Baru untuk wilayah Jawa Barat atau PPDB Jabar 2022 tahap 1 telah usai. Hasil seleksinya sendiri telah diumumkan pada 20 Juni lalu. Setelah tahap 1 berakhir, PPDB Jabar tahap 2 bakal mulai digelar.

Untuk proses pendaftaran PPDB Jabar tahap 2, diselenggarakan pada 23 Juni dan akan berakhir hingga 30 Juni mendatang . Bagi peserta yang tidak lolos di tahap 1, diperbolehkan juga untuk mengikuti pendaftaran pada tahap 2 ini.

Baca juga: Cara Menemukan Titik Koordinat di Google Maps buat Isi Data PPDB Online

Selain itu, pada pendaftaran PPDB Jabar 2022 tahap 2 hanya dibuka untuk dua jalur seleksi, yakni jalur zonasi untuk jenjang SMA dan jalur prestasi rapor untuk jenjang SMK. Untuk pendaftarannya, bisa dilakukan secara daring maupun luring.

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar secara daring, caranya bisa melalui situs web “pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id”. Pendaftaran secara daring lewat situs tersebut dapat dilakukan tiap pukul 08.00-20.00 WIB sesuai jadwal yang ditentukan.

Bila ingin memulai pendaftaran, ada baiknya untuk menyiapkan dulu syarat PPDB Jabar 2022 yang dibutuhkan. Berikut adalah syarat PPDB Jabar 2022 secara umum.

Syarat PPDB Jabar 2022 secara umum

  • Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP, atau surat keterangan telah mengikuti ujian sekolah/kartu peserta ujian sekolah (jika ijazah belum terbit).
  • Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, dan belum menikah.
  • Kartu Tanda Penduduk orang tua peserta didik.
  • Kartu Keluarga yang menerangkan berdomisili Calon Peserta Didik.
  • Dokumen Surat Tanggung Jawab Mutlak atau Pakta Integritas orang tua yang menyatakan data Calon Peserta Didik asli, dan bersedia dikenakan sanksi jika terbukti ada pemalsuan, dibubuhi materai dan ditandatangani orang tua (pada pendaftaran luring).

Perlu diketahui tiap jalur seleksi memiliki syarat yang berbeda-beda. Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan cek di tautan dokumen Prosedur Operasional Standar PPDB Jabar 2022 ini.

Setelah memahami syarat di atas, kini calon peserta didik bisa mulai melakukan pendaftaran PPDB Jabar 2022 tahap 2 secara daring, dengan cara sebagai berikut.

Cara daftar PPDB Jabar 2022 tahap 2

Setelah calon peserta melakukan pendaftaran, terdapat serangkaian proses lain yang bakal dilewati sesuai dengan jadwalnya. Berikut adalah jadwal PPDB Jabar 2022 tahap 2 secara lengkap.

Jadwal PPDB Jabar 2022 tahap 2

  • 23-30 Juni 2022: Pendaftaran dan verifikasi PPDB tahap 2
  • 1-4 Juli 2022: Uji kompetensi/tes minat dan bakat ( SMK)
  • 5 Juli 2022: Rapat Dewan Guru penetapan hasil PPDB tahap 2
  • 6 Juli 2022: Koordinasi Satuan Pendidikan dengan Cadisdik Wilayah
  • 8 Juli 2022: Pengumuman PPDB tahap 2
  • 11-12 Juli 2022: Daftar ulang PPDB tahap 2

Baca juga: Link Pengumuman PPDB Jakarta 2022 Jalur Afirmasi dan Cara Lapor Diri Online

Itulah informasi seputar pendaftaran PPDB Jabar 2022 untuk jenjang SMA/SMK/SLB, serta syarat dan jadwalnya, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com