Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Vivo X Fold Dipamerkan di Jakarta 29 Juni

Kompas.com - 23/06/2022, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada April lalu, Vivo memperkenalkan ponsel lipatnya di China, yakni Vivo X Fold. Ponsel lipat pertama Vivo tersebut akan hadir di Jakarta.

Kendati demikian, kehadiran Vivo X Fold di Tanah Air bukan dalam rangka acara peluncuran, melainkan dipamerkan melalui acara “Vivo Technology Week: Unfold Excelllence” pada 29 Juni-3 Juli di Jakarta.

Acara tersebut akan digelar di Central Park Mall, Jakarta. Selain Vivo X Fold, ada beberapa produk Vivo lain yang turut dipajang, seperti Vivo Pad, Vivo Watch 2, dan Vivo V1+Chip.

Pengunjung yang menghadiri acara tersebut dapat melihat dan mencoba ponsel Vivo X Fold secara langsung. Vivo ingin masyarakat di Indonesia dapat menikmati fitur-fitur baru yang dihadirkan ponsel lipat X Fold dan produk Vivo lainnya.

Baca juga: Vivo X Note Resmi Meluncur, Punya Layar 7 Inci Mirip Ponsel Lipat Vivo X Fold

Namun, pengunjung tidak dapat membeli Vivo X Fold. Sebab, Vivo mengatakan ponsel lipatnya hanya akan dijual di pasar China saja.

"Di pasar Tiongkok, Vivo telah meluncurkan foldable smartphone pertamanya, Vivo X Fold, untuk menjawab kebutuhan pasar akan smartphone dengan layar yang lebar dan visual yang lebih nyata,“ jelas Hadie Mandala, Product Manager vivo Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (23/6/2022).

Spesifikasi Vivo X Fold

Vivo X Fold memiliki mekanisme lipatan horisontal, mirip dengan Galaxy Z Fold milik Samsung. Ponsel ini memiliki layar utama dengan panel AMOLED E5 dan ukuran layarnya berbentang 8 inci. Layar tersebut memiliki resolusi Full HD Plus (1800 x 2000 piksel).

Sementara itu, layar sekundernya memiliki bentang 6,54 inci dengan panel AMOLED juga. Adanya layar sekunder ini ditujukan agar pengguna dapat tetap menggunakan ponsel meski dalam keadaan tertutup/terlipat.

Layar utama dan layar sekunder Vivo X Fold sama-sama dibekali refresh rate 120 Hz dan HDR10+ untuk menunjang kualitas visual. Walhasil, gambar atau video yang ditampilkan dapat lebih realistis dari segi warna, kecerahan, dan kontrasnya.

Baca juga: Ponsel Lipat Vivo X Fold Resmi Meluncur, Ini Harganya

Vivo mengeklaim ponsel ini bisa dilipat hingga 60 derajat hingga 120 derajat layaknya komputer jinjing (laptop).

Lanjut ke sektor kamera, kedua layar (utama dan sekunder) memiliki kamera untuk berswafoto (selfie) 16 MP yang disematkan ke dalam modul punch hole (layar berlubang) di bagian tengah atas layar utama.

Untuk sistem keamanan perangkat yang dimiliki, Vivo X Fold dibekali pemindai sidik jari (fingerprint) yang memiliki sistem 3D ultrasonic dual fingerprint sensors untuk kedua layarnya.

Pada bagian punggung ponsel, Vivo X Fold memiliki modul berbentuk bulat yang memuat empat kamera bagian belakang.

Kamera tersebut terdiri dari kamera utama beresolusi 50 MP, kamera ultrawide 48 MP, kamera telefoto 12 MP yang bisa melakukan dua kali zoom, dan kamera telefoto “periskop" 5MP dengan 5x optical zoom.

Baca juga: Penampakan Nyata Ponsel Lipat Vivo X Fold Terungkap

Masih di sektor kamera, Vivo X Fold menggunakan teknologi Zeiss Optics untuk pengambilan gambar, sama seperti Vivo X70 series.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com