Kompas.com - 23/06/2022, 11:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Daftar isi merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah karya tulis ilmiah. Mulai dari makalah, skripsi, hingga dokumen lainnya. Daftar isi berfungsi sebagai petunjuk letak halaman dari sebuah dokumen.

Daftar isi di dpaat dibuat secara manual. Namun hal ini tentu tidak efisien dan memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk itu, Anda dapat membuat daftar isi otomatis di software pengolah kata Microsoft Word dengan mudah.

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dapat dilakukan di platform Windows, MacOS, atau versi web. Untuk selengkapnya berikut ini cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.

Baca juga: 4 Cara Mengubah PDF ke Word tanpa Aplikasi Tambahan

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word Windows 10

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word berbasis Windows 10.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara membuat daftar isi di Microsoft Word berbasis Windows 10.

  • Buka dokumen Anda yang sudah selesai dikerjakan di Microsoft Word
  • Selanjutnya, klik menu "References"
  • Pilih opsi "Table of Contents"
  • Pada pilihan yang muncul, klik format "Automatic Table 1".
  • Microsoft Word akan secara otomatis membuat daftar isi yang memuat sub-judul pada setiap halaman beserta keterangan
  • Apabila hendak menambahkan atau memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib untuk diperbarui
  • Untuk memperbaruinya berikut ini caranya, Kliik "References > Update Table" dan pilih antara opsi "Update page numbers only" atau "Update entire table"

Cara memperbarui daftar isi di Microsoft Word berbasis Windows 10.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara memperbarui daftar isi di Microsoft Word berbasis Windows 10.

  • Opsi "Update page numbers only" berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul
  • Sedangkan, "Update entire table" memungkinkan Anda untuk memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya
  • Apabila terdapat entri yang hilang pada daftar isi, silakan klik menu "Home > Style > Heading 1". Kemudian masukkan nama teks judul serta halaman yang diinginkan

Baca juga: Hati-hati, Hacker Bisa Ambil Alih Komputer Lewat File Microsoft Word

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word MacOS

Proses membuat daftar isi di MacOS tak jauh berbeda dengan Windows 10. Untuk menambahkan dan memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib diperbaru. Caranya:

  • Klik "References > Update Table" dan pilih antara opsi "Update page numbers only" atau "Update entire table"
  • Opsi "Update page numbers only" berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul
  • Sedangkan, "Update entire table" memungkinkan Anda untuk memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya. Klik "References > Table of Contents > Auto Contents" dan daftar isi akan muncul secara otomatis

Baca juga: Apa itu Margin di Microsoft Word dan Cara Mengaturnya

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word versi web

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word berbasis web.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara membuat daftar isi di Microsoft Word berbasis web.

Microsoft menyediakan software Word berbasis web yang dapat di akses melalui situs Office.com pada tautan ini.

Pada situs tersebut, pengguna dapat mengerjakan dokumen di Word, termasuk membuat daftar isi secara otomatis.

  • Untuk membuat daftar isi, cukup klik menu "References > Table of Contents > Insert Table of Contents"
  • Selanjutnya, Word akan menampilkan daftar isi yang membuat keterangan teks judul beserta jumlah halaman yang tertera
  • Apabila hendak menambahkan atau memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib untuk diperbarui dengan cara Klik "References > Update Table of Contents" dan daftar isi akan diperbarui secara otomatis

Baca juga: Cara Mengubah Pengaturan Bahasa di Microsoft Word

Demikian cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.