Kompas.com - 23/06/2022, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Di tengah adopsi yang semakin masif, jumlah pengguna jaringan generasi kelima (5G) diprediksi akan tembus 1 miliar pada akhir 2022 ini.

Setidaknya begitulah menurut laporan terbaru Mobility Report bulan Juni 2022 dari Ericsson, perusahaan telekomunikasi dan jaringan multinasional yang berkantor pusat di Stockholm, Swedia.

Dalam laporannya, Ericsson mengungkapkan, estimasi jumlah pengguna 5G sebanyak 1 miliar pada akhir 2022 itu didongkrak oleh adopsi jaringan 5G yang lebih tinggi di wilayah Amerika Utara dan China.

Bila estimasi Ericsson benar, jaringan 5G mampu mencapai 1 miliar pelanggan hanya dalam kurun waktu sekitar tiga tahun setelah diluncurkan pertama secara komersial pada 2019.

Baca juga: Indonesia Berpotensi Jadi Pengguna 5G Terbesar di ASEAN

Ini membuat 5G menjadi teknologi jaringan seluler tercepat yang mencapai jumlah pengguna 1 miliar.

"Laporan Mobilitas Ericsson terbaru membenarkan bahwa 5G merupakan generasi teknologi seluler dengan pertumbuhan tercepat yang pernah ada," kata Fredrik Jejdling selaku Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Jaringan, Ericsson.

Sebagai perbandingan, jaringan 4G yang dikomersialisasikan pertama kali pada 2009 itu dilaporkan baru mencapai 1 miliar pengguna pada 2019 lalu, atau 10 tahun sejak diluncurkan.

Tembus 4,4 miliar pengguna pada 2027

Saat ini, menurut Ericsson, seperempat populasi manusia di dunia sudah memiliki akses ke jangkauan 5G.

Berdasarkan data situs World Population Review, jumlah populasi manusia di dunia saat ini mencapai 7,95 miliar jiwa. Bila dihitung, maka sudah ada 1,9 miliar jiwa yang memiliki akses ke jaringan 5G.

Sebagaimana dihimpun dari RCRWireless, saat ini, China menjadi negara dengan jumlah pengguna 5G terbanyak di dunia, yakni mencapai 401,27 juta pelanggan per Meret 2022.

Baca juga: Rata-rata Kecepatan Internet 5G di Indonesia Saat Ini

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Ericsson
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.