Kompas.com - 23/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp dibekali dengan berbagai fitur menarik yang bisa membuat pengguna betah mengoperasikannya. Adapun salah satu fitur tersebut adalah Last Seen atau Terakhir Dilihat.

Last Seen sendiri adalah fitur yang digunakan untuk menunjukkan status kapan terakhir kali pengguna membuka aplikasi WhatsApp atau sedang online. Status Last Seen biasanya dapat dilihat di bawah nama kontak pada sebuah ruang obrolan WhatsApp.

Baca juga: 10 Fitur Baru WhatsApp yang Wajib Dicoba

Dari status itu, pengguna bisa melihat hari, tanggal, dan jam terakhir kali pengguna lain sedang online. Dalam kondisi tertentu yang membutuhkan respons cepat, Last Seen WhatsApp cukup bermanfaat untuk mengetahui kesiapan pengguna.

Namun di sisi lain, status Terakhir Dilihat di WhatsApp mungkin bisa mengganggu privasi dari pengguna karena bisa jadi rasanya seperti dipantau setiap saat. Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mengalami masalah itu ketika Last Seen WhatsApp diaktifkan.

Lantas, apakah Terakhir Dilihat di WhatsApp bisa diatur visibilitasnya agar tidak dilihat oleh pengguna lain? Status Last Seen WhatsApp itu pada dasarnya bisa juga untuk dinonaktifkan atau disembunyikan agar tidak bisa dilihat oleh pengguna lain.

Anda bisa menyembunyikan Last Seen WhatsApp lewat menu “Pengaturan” di aplikasi. Bahkan, Anda kini tak hanya bisa menyembunyikan status tersebut dari semua kontak atau pengguna lain.

WhatsApp baru-baru ini menggelontorkan fitur yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan status Terakhir Dilihat dari beberapa kontak tertentu. Lewat fitur ini, Anda bisa memilih kontak siapa saja yang diatur untuk tidak bisa melihat status tersebut.

Fitur yang dinamakan dengan “My Contacts Except” ini diluncurkan guna melindungi privasi pengguna saat berinteraksi di WhatsApp. Bila ingin menggunakan fitur ini, pastikan dulu Anda telah memiliki versi aplikasi WhatsApp terbaru.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp dari beberapa kontak tertentu? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp dari beberapa kontak tertentu.

Cara sembunyikan Last Seen WhatsApp dari beberapa kontak tertentu

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel
  • Buka menu “Pengaturan” atau “Settings” di aplikasi WhatsApp
  • Selanjutnya, pilih opsi “Akun” dan klik opsi “Privasi”
  • Pada opsi “Privasi”, klik opsi “Terakhir Dilihat” atau “Last Seen”
  • Kemudian, klik “My Contacts Except” atau “Kontak Saya, Kecuali”
  • Terakhir, pilih beberapa kontak yang diatur untuk tidak bisa melihat status Last Seen di WhatsApp Anda.
  • Bila telah memilih beberapa kontak, selanjutnya klik opsi “Selesai”.

Ilustrasi cara sembunyikan Last Seen WhatsApp dari beberapa kontak tertentuKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara sembunyikan Last Seen WhatsApp dari beberapa kontak tertentu

Ketika mengaktifkan fitur ini, status Last Seen WhatsApp Anda tidak bisa dilihat oleh beberapa kontak tertentu. Begitu pula sebaliknya, Anda juga tidak bakal bisa melihat status Last Seen dari beberapa kontak tersebut.

Baca juga: Trik Agar Chat WhatsApp Tidak Memenuhi Memori Penyimpanan HP

Perlu diketahui, cara di atas dijajal pada perangkat iPhone berbasis iOS 15.5. Beda wadah yang digunakan, mungkin bakal beda pula letak opsi dan tahapannya. Demikian cara sembunyikan Last Seen WhatsApp dari beberapa kontak tertentu, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.