Kompas.com - 23/06/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Pengguna smartphone datang dari beragam usia, salah satunya adalah kategori orang tua, yang terkadang memiliki kualitas pandangan yang telah menurun, sehingga menggunakan ponsel menjadi kegiatan yang menyusahkan.

Namun, sejumlah fitur di ponsel seperti Oppo A96, bisa digunakan untuk membuat pengguna dari kalangan orang tua, menjadi nyaman saat memakainya.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo A96 di Indonesia

Beberapa pengaturan yang bisa dibuat adalah dengan cara memperbesar teks/font di ponsel, serta membuat ikon-ikon menjadi lebih besar. Berikut caranya.

Memperbesar ukuran font

Cara mengubah jenis dan ukuran font di Oppo A96.Kompas.com/Bill Clinten Cara mengubah jenis dan ukuran font di Oppo A96.
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah jenis huruf alias font dan ukurannya sesuai dengan selera.

Hal ini bertujuan agar tulisan yang tampil di layar Oppo A96 lebih nyaman untuk dilihat mata. Cara mengganti dan mengubah ukuran font bisa dilakukan dengan mengunjungi menu pengaturan alias "Settings".

Di sana, pilih menu "Display & brightness". Di tampilan selanjutnya, pilih jenis font yang tersedia dan ubah ukurannya dengan menggeser bulatan putih (slider) di kolom "Font size".

Memperbesar ukuran ikon

Cara memperbesar tampilan ikon di Oppo A96.Kompas.com/Bill Clinten Cara memperbesar tampilan ikon di Oppo A96.
Hal lain yang bisa diotak-atik pengguna adalah mengubah tampilan ikon di berbagai aplikasi. Penyesuaian besar ikon ini tentunya bisa mempermudah kita merapikan daftar aplikasi dan melihat aneka aplikasi yang terpasang di ponsel.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Oppo A96, dari ROM Besar hingga Kamera Portrait

Untuk menyesuaikan ikon aplikasi, pengguna cukup pergi ke menu "Settings" > dan pilih menu "Home screen & Lock screen".

Lalu, gulirkan (scroll) layar ke bawah dan pilih menu "Icon style".

Di laman selanjutnya, pengguna lantas bisa mengubah bentuk ikon dengan cara memilih daftar ikon yang tersedia, serta mengubah ukurannya dengan menggeser slider di kolom "Icon".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.