Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bakal Minta Video Selfie untuk Verifikasi Umur Pengguna

Kompas.com - 24/06/2022, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram mengumumkan tengah menguji coba cara baru untuk memverifikasi umur penggunanya. Salah satunya dengan cara melakukan video selfie.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri melalui sebuah postingan di akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri, baru-baru ini.

"(Uji coba) dimulai di Amerika Serikat, ketika pengguna mengubah informasi usianya dari di bawah 18 menjadi usia 18 ke atas, pengguna dapat memverifikasi umurnya melalui dua cara baru," kata Mosseri.

Sejak tahun 2021, Instagram memang mewajibkan seluruh penggunanya untuk mencantumkan informasi terkait usianya. Sebab, Instagram memiliki pembatasan tertentu untuk melindungi pengguna remaja.

Baca juga: Instagram Mulai Terapkan Kebijakan Batas Usia Pengguna

Misalnya, akun pengguna berusia di bawah 16 tahun secara otomatis akan diatur menjadi privat, memblokir direct message dari orang dewasa yang tidak dikenal, serta menghentikan pengiklan untuk menayangkan iklan bertarget berdasarkan minat dan aktivitas remaja.

Masalahnya, pengguna terkadang mengubah informasi usianya. Ada dua skenario yang mungkin terjadi. Pertama, pengguna dewasa yang tidak sengaja mendaftar sebagai remaja dan mencoba memasukkan usia yang benar.

Kedua, pengguna remaja mencoba menghindari batasan pada akun remaja dengan mengubah usia menjadi lebih tua.

Nah, verifikasi usia dibutuhkan ketika pengguna mengubah informasi usianya dari di bawah 18 tahun menjadi 18 tahun ke atas.

Mosseri mengatakan, verifikasi usia menjadi salah satu hal penting agar Instagram dapat menyediakan pengalaman pengguna yang sesuai usianya.

Baca juga: Instagram Batasi Interaksi Pengguna Dewasa dengan Remaja di Bawah Umur

Uji coba verifikasi usia lewat video selfie

Ilustrasi opsi video selfie untuk verifikasi usia pengguna Instagram.Instagram via TechCrunch Ilustrasi opsi video selfie untuk verifikasi usia pengguna Instagram.
Kali ini, Instagram menguji coba dua opsi baru untuk verifikasi umur pengguna. Mosseri mengatakan, cara baru yang pertama adalah "social vouching" atau jaminan sosial.

Opsi ini mengharuskan pengguna memilih tiga dari enam pengguna Instagram lain dalam daftar yang berusia 18 ke atas untuk dapat menjamin usia pengguna.

Menurut laporan putlet media TechCrunch, 3 orang tersebut harus mengonfirmasi usia pengguna dengan cara menentukan kelompok usia pengguna, seperti di bawah 13 tahun, 13-17 tahun, 18-20 tahun, 21 tahun atau lebih tua.

Ketiganya harus menjawab dalam kurun waktu tiga hari dan harus memilih opsi yang sama agar verifikasi usia pengguna disetujui.

Baca juga: Instagram Khawatir Pengguna Remaja Pindah ke Media Sosial Lain?

Cara baru yang kedua adalah melakukan verifikasi usia dengan video selfie.

"Cara ini disebut juga prediksi usia berdasarkan wajah," kata Mosseri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com