Link Pengumuman PPDB Jatim 2022 Tahap 1 dan Mekanisme Daftar Ulangnya

Kompas.com - 24/06/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Proses pendaftaran seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru untuk wilayah Jawa Timur atau PPDB Jatim 2022 pada tahap 1 telah dimulai sejak awal Juni lalu. Kini, peserta bisa melihat hasil seleksinya per 24 Juni 2022, mulai pukul 08.00 WIB.

Perlu diketahui, pada PPDB Jatim tahap 1, pendaftarannya dikhususkan bagi peserta yang melanjutkan studi ke jenjang SMA dan SMK, dengan jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, serta jalur prestasi hasil lomba.

Baca juga: Link Pendaftaran PPDB Jabar 2022 Tahap 2 Jalur Zonasi dan Prestasi Rapor

Untuk proses pengumuman PPDB Jatim 2022 tahap 1, peserta saat ini bisa memeriksa hasilnya secara daring via situs web “ppdb.jatimprov.go.id”, sama seperti saat proses pendaftaran.

Bagi peserta atau orang tua/wali peserta, berikut adalah cara cek pengumuman PPDB Jatim 2022 tahap 1.

Cara cek pengumuman PPDB Jatim 2022 tahap 1

  • Kunjungi link pengumuman PPDB Jatim 2022 tahap 1 ini https://ppdbjatim.net.
  • Selanjutnya, pilih dan buka halaman PPDB dari Kota/Kabupaten tempat peserta mendaftarkan diri ke sekolah tujuan.
  • Bila halaman telah terbuka, klik menu “Cetak Bukti” dan pilih opsi “Bukti Penerimaan”.
  • Kemudian, login ke halaman PPDB Kota/Kabupaten dengan menggunakan NISN dan PIN.
  • Setelah itu, bakal muncul hasil seleksinya yang dapat dilihat melalui dokumen bukti penerimaan.

Selain untuk melihat hasil seleksi PPDB Jatim tahap 1, dokumen bukti penerimaan itu juga diperlukan peserta untuk melakukan proses daftar ulang nantinya. Proses daftar ulang PPDB Jatim 2022 sendiri bakal dilakukan mulai 7-8 Juli mendatang.

Sebelum melakukan daftar ulang, peserta wajib untuk unduh dan cetak bukti penerimaan PPDB Jatim 2022 tahap 1 sebagai salah satu syarat yang dibutuhkan. Opsi unduh bakal dijumpai setelah peserta berhasil login di halaman “Bukti Penerimaan”.

Apabila berhasil mengunduh dan cetak bukti penerimaan PPDB Jatim 2022 tahap 1, simpanlah dengan baik untuk nanti diserahkan ke sekolah tujuan, berbarengan dengan dokumen lainnya.

Dalam proses daftar ulang PPDB Jatim 2022 tahap 1, peserta wajib mengikuti mekanisme yang telah ditentukan. Untuk lebih lengkapnya, simak mekanisme daftar ulang PPDB Jatim 2022 tahap 1 di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi PPDB Jatim.

Mekanisme daftar ulang PPDB Jatim 2022

  • Daftar ulang calon peserta didik baru tidak dipungut biaya.
  • Daftar ulang dilaksanakan secara offline di sekolah, setelah seluruh tahapan PPDB berakhir.
  • Peserta didik yang telah diterima wajib menyerahkan bukti penerimaan, fotokopi Ijazah atau Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan oleh sekolah dan menunjukkan dokumen aslinya, serta fotokopi kartu keluarga dan menunjukkan dokumen aslinya.
  • Proses daftar ulang bagi peserta didik baru dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
  • Apabila ditemukan pemalsuan dokumen, maka akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan dicabut haknya sebagai peserta didik baru.

Baca juga: Cara Menemukan Titik Koordinat di Google Maps buat Isi Data PPDB Online

Itulah informasi seputar cara cek pengumuman PPDB Jatim 2022 tahap 1 secara online dan mekanisme daftar ulangnya, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.