Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Foto Nokia X21 5G dan Bocoran Spesifikasinya

Kompas.com - 24/06/2022, 10:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - HMD Global nampaknya sedang menyiapkan ponsel Nokia seri X terbaru. Akun Twitter pembocor ulung (tipster) @nlopt70 mengunggah foto dan bocoran spesifikasi Nokia X21 5G.

Bocoran spesifikasi ponsel yang akan menjadi penerus Nokia X20 itu kini beredar di dunia maya, dan menyebut Nokia X21 akan diluncurkan pada pertengahan 2022, sekitar Juli-Desember mendatang.

Menurut bocoran foto yang diunggah, Nokia X21 5G terlihat mengusung desain layar berlubang di tengah atas (punch hole) yang berguna sebagai rumah dari kamera selfie.

Baca juga: Nokia Disebut Siapkan Smartphone Seri X dan G Terbaru, Meluncur Paruh Kedua 2022

Nokia X21 5G dikatakan memiliki layar dengan panel AMOLED seluas 6,7 inci, dengan refresh rate 120 Hz. Diduga juga layar ini sudah mendukung resolusi Full HD Plus.

Punggung ponsel Nokia X21 5G terlihat terbuat dari plastik sehingga memiliki aksen doff atau matte. Terdapat logo “Nokia” di bagian tengah punggung secara vertikal dengan warna yang transparan, tetapi masih dapat terlihat.

Di bagian punggung ponsel pula terdapat tiga kamera belakang dengan dua lensa berukuran sama dan satu lensa berukuran lebih kecil, diposisikan sejajar secara vertikal di dalam satu modul.

Kamera belakangnya menurut rumor terdiri atas kamera utama 64 megapiksel, kamera ultrawide 13 megapiksel, dan kamera ToF (time-of-flight) yang memiliki sensor inframerah, sehingga dapat menangkap gambar hingga 160 fps (frame per second).

Terdapat juga lampu flash LED yang memiliki bentuk memanjang ke bawah, yang terletak sejajar dengan kamera paling atas.

Baca juga: Bos Nokia Sebut Pengguna Smartphone Makin Sedikit 2030

Lensa kamera didukung oleh ZEISS. Terdapat pula teknologi Pureview guna meningkatkan pengalaman pengguna dari sektor fotografi.

Soal hardware, dapur pacu Nokia X21 5G dsiebut menggunakan chip Snapdragon 695, dengan dua varian RAM/penyimpanan, yakni 6/128 GB dan 8/256 GB.

Jika bocoran terkait chipset Snapdragon 695 di Nokia X21 ini sesuai, maka ponsel ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari segi prosesornya. Hal ini dikarenakan generasi sebelumnya, Nokia X20 menggunakan chip Snapdragon 480.

Sementara itu, untuk kapasitas baterainya sendiri, Nokia X21 5G sikatakan memiliki batera 5.000 mAh dan sudah menjalankan sistem operasi Android 12.

Fitur lainnya yang dibocorkan adalah slot microSD untuk pengguna yang ingin menambah kapasistas penyimpanan internal.

Belum disebutkan berapa harga dan varian warna dari Nokia X21 5G. Namun, dari foto yang beredar dapat diketahui salah satu varian warnanya adalah hitam

Dihimpun KompasTekno dari Gizmo China, Jumat (24/6/2022), akan ada ponsel Nokia lain yang memiliki desain serupa Nokia X21 5G, namun dengan spesifikasi kamera yang berbeda, yakni tiga kamera 50 MP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com