Kompas.com - 24/06/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Belakangan, situs web FreeFireInd2022.com muncul dengan mengiming-imingi pemain Free Fire beragam hadiah gratis, mulai dari senjata, baju atau skin, hingga mata uang di dalam game alias "Diamonds".

Beragam hadiah tersebut konon bisa didapatkan pemain hanya dengan memasukkan ID Free Fire mereka ke situs FreeFireInd2022.com.

Setelah memasukkan ID, para pemain lantas akan diziinkan untuk memutar (spin) roda hadiah yang tersedia.

Ketika roda hadiah berhenti berputar, maka mereka akan mendapatkan hadiah yang ditunjuk oleh jarum jam yang terletak di tengah-tengah roda tersebut.

Baca juga: Bukan Cuma Booyah, Ini Daftar Isitilah di Game Free Fire Beserta Artinya

Adapun hadiah ini nantinya disebut bakal langsung dikirimkan ke kotak masuk (inbox) pemain di dalam game Free Fire.

Saat dicoba langsung oleh KompasTekno, situs web FreeFireInd2022.com tidak menampilkan hadiah, dan menunjukkan indikasi sebagai situs web penipuan (phishing) yang hanya memancing pemain memasukkan ID akun Free Fire mereka.

Ilustrasi situs freefireind2022.comKompas.com/Bill Clinten Ilustrasi situs freefireind2022.com

Dugaan penipuan ini pun dikuatkan oleh pihak Garena, selaku publisher game FreeFire. Menurut Senior Associate PR & Communications Garena Indonesia, Putri Dini Azizi, situs web FreeFireInd2022.com belum terjamin keamanan atau kebenarannya.

Putri lantas menyebut bahwa hadiah-hadiah gratis yang diberikan Garena untuk pemain Free Fire biasanya disampaikan melalui kanal media sosial resmi Free Fire saja. 

Baca juga: Sabet Emas dan Perak di SEA Games, Timnas Free Fire Dapat Beasiswa Rp 1 Miliar dari Garena

"Untuk kode redeem (dan hadiah) resmi selalu kami bagikan hanya melalui situs web (media sosial) resmi yaitu Instagram, live streaming (YouTube) , dan Facebook kami saja. Di luar itu, kami tidak bisa menjamin keresmiannya," jelas Putri dihubungi KompasTekno, Jumat (24/6/2022).

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Putri mengimbau pengguna agar lebih berhati-hati dengan situs-situs web palsu yang mengiming-imingi pengguna dengan hadiah gratis.

Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa situs web palsu macam FreeFireInd2022.com tadi biasa digunakan orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meretas dan mencuri akun Free Fire pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.