Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Sensor 200 MP dengan Piksel Terkecil di Industri

Kompas.com - 26/06/2022, 12:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan sensor kamera baru yang memiliki resolusi 200 MP. Sensor tersebut dinamakan Isocell HP3, suksesor dari Isocell HP1 yang diluncurkan perusahaan pada tahun 2021.

Meski mengusung resolusi yang tinggi hingga 200 MP, Isocell HP3 menjadi sensor terkecil di industri, karena memiliki piksel 0,56 mikrometer (μm). Ukuran pikselnya juga lebih kecil dibanding Isocell HP1 yang memiliki piksel 0,64 mikrometer.

"Dengan Isocell HP3 200 MP terbaru 0,56 mikrometer, Samsung akan memberikan resolusi epic yang melampaui tingkat profesional bagi pengguna smartphone," kata JoonSeo Yim, Executive Vice President of the Sensor Business Team, Samsung Electronics.

Baca juga: HP Samsung Ex-display Dijual Setengah Harga di Indocomtech 2022

Berkat pikselnya yang lebih kecil, Isocell HP3 memungkinkan modul kamera yang lebih ringkas. Sensor ini dikatakan mampu memangkas permukaan modul kamera sekitar 20 persen.

Sensor terbaru Samsung ini juga hadir dengan teknologi baru yang disebut Epic Resolution Pro. Teknologi ini diklaim menawarkan resolusi tinggi kelas profesional pada smartpone. Untuk merekam video, Isocell HP3 mampu mendukung kualitas video hingga 8K pada 30 fps dan 4K pada 120 fps.

Peningkatan lainnya yaitu teknologi Tetra2pixel, yang mampu menggabungkan 16 piksel menjadi satu. Selama ini teknologi serupa yang sudah populer yaitu pixel binning, yang mampu menggabungkan empat piksel menjadi satu.

Dengan Tetra2pixel, sensor itu akan memungkinkan kamera menawarkan satu sensor piksel berukuran besar, sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya lagi ketimbang pixel binning.

Baca juga: Cara Cek Baterai Health di HP Samsung

Dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Senin (26/6/2022), sensor ini mampu menangkap gambar 14-bit hingga dukungan 4 triliun warna. Ada pula dukungan autofokus Super QPD yang diklaim mampu menghasilkan fokus otomati yang lebih cepat dan lebih akurat.

Tak hanya itu, Isocell HP3 dilengkapi Smart ISO Pro yang mampu menangkap gambar dengan menggabungkan tiga level ISO (tinggi, sedang dan rendah) demi dynamic range yang lebih baik.

Sayangnya belum diketahui smartphone apa yang akan mengadopsi Isocell HP3 200 MP ini. Rumor yang beredar menyebutkan sensor ini akan melengkapi Galaxy S23 Ultra.

Namun menurut tipster Ice Universe berkata bahwa sensor Isocell HP3 tidak akan diadopsi pada smartphone tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com