Pengamat: GoFood-GrabFood Ciptakan Ketergantungan, Tetap Dipakai Meski Harganya Jadi "Normal"

Kompas.com - 27/06/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pelanggan mengeluhkan bahwa harga layanan pesan-antar makanan dari ojek online (OjolFood) macam GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood semakin mahal.

Entah karena promo yang semakin minim, atau karena banyak biaya tambahan lainnya seperti biaya aplikasi (platform fee), biaya pemesanan (order fee), hingga biaya pengemasan (packaging charge).

Pengamat Marketing & Managing Partner Inventure, Yuswohady justru melihat fenomena harga layanan OjolFood saat ini bukannya semakin mahal, tetapi menjadi "normal".

"Kondisi yang kemarin-kemarin, jangan berharap lagi, karena dulu itu tidak normal. (Harga OjolFood) yang dulu itu murah karena disubsidi," kata Yuswohady saat dihubungi KompasTekno, pekan lalu.

Baca juga: Mantan VP Gojek Alamanda Shantika Jadi Komisaris Blue Bird

Subsidi yang diberikan OjolFood ini biasanya berupa diskon, cashback, hingga gratis ongkos kirim. Inilah yang membuat konsumen dapat membayar dengan harga yang lebih rendah dibanding semestinya.

Yuswohady mengatakan, penyedia layanan OjolFood seperti Gojek, GoFood, dan ShopeeFood menggunakan modal dari investor untuk menutupi biaya konsumen. Kegiatan ini juga dikenal dengan bakar duit atau burning money.

Masalahnya, di tengah berbagai krisis yang terjadi seperti pandemi Covid-19, perang Rusia-Ukraina, dan inflasi di seluruh dunia, modal menjadi komoditas yang sulit didapatkan oleh startup.

"Ketika capital (modal) sulit dan permintaan untuk profitabilitas tinggi, maka kemudian subsidi itu kemudian dihilangkan. Sehingga dampaknya adalah harganya naik," kata Yuswohady.

Inilah yang terjadi sekarang. Karena subsidi mulai dipangkas, harga layanan OjolFood kini terkesan semakin mahal bila dibandingkan dengan harga sebelum-sebelumnya.

Syarat dan cara daftar GoFood dan Grab Food secara online dengan mudahDok Gojek Syarat dan cara daftar GoFood dan Grab Food secara online dengan mudah
Bakal tetap dipakai

Meski subsidi mulai dipangkas dan harga menjadi "normal", pelanggan OjolFood diprediksi bakal tetap menggunakan layanan ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.