BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Ini Alasan Oppo Find X5 Pro 5G Disebut sebagai Smartphone Gahar di Kelasnya

Kompas.com - 27/06/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com – Peluncuran Oppo Find X5 Pro 5G pada Kamis (2/6/2022) memperlihatkan bahwa Oppo tak pernah berhenti berinovasi. Lewat produk teranyar ini, Oppo menghadirkan berbagai teknologi canggih yang membuat smartphone tersebut unggul di kelasnya.

Chief Creative Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengatakan bahwa Oppo Find X5 Pro 5G menghadirkan teknologi canggih dan fitur terbaik dalam industri ponsel.

“Dengan inovasi berbasis human-centric, Oppo selalu mengutamakan pengalaman pengguna dengan teknologi mutakhir,” ujar Patrick dalam acara peluncuran.

Salah satu keunggulan dari smartphone yang disebut oleh Patrick adalah dapur pacunya. Oppo Find X5 Pro 5G memiliki system on a chip (SoC) terbaru dan tercepat dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga: Rahasia Oppo Find X5 Pro 5G Bisa Rekam Video Malam Superjernih Beresolusi 4K

“Dengan penyematan prosesor multicore Snapdragon 8 Gen 1 generasi terbaru, Oppo Find X5 Pro 5G mampu memproses game dan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi,” kata Patrick.

Terkait Snapdragon 8 Gen 1, Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto menjelaskan, prosesor multicore generasi terbaru ini merupakan platform 5G paling canggih yang pernah ada.

“Dengan sistem modem-FR Snapdragon X64 5G, kami memberikan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu hingga 10 gigabita per detik (Gbps). Meski cepat, prosesor ini tetap bisa melakukan penghematan daya sepanjang hari,” ujarnya.

Oppo Find X5 Pro 5G. DOK. Oppo Indonesia. Oppo Find X5 Pro 5G.

Jika dibandingkan generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 1 mampu meningkatkan performa Oppo Find X5 Pro 5G hingga 30 persen. Peningkatan tersebut bersumber dari kinerja delapan core yang ada di dalam prosesor.

Untuk diketahui, Snapdragon 8 Gen 1 dibuat dengan desain tiga klaster. Klaster pertama terdiri dari 1 inti Cortex-X2 yang berjalan pada 3 gigahertz (GHz).

Klaster kedua terdiri atas 3 core performance Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5 GHz dan klaster ketiga 4 core efficiency Cortex-A510 berkecepatan 1,8 GHz.

Baca juga: Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

Selain kinerja 8 inti, peningkatan juga berasal dari arsitektur ARMV9 yang digunakan Qualcomm dalam membuat prosesor 4 nanometer (nm) pertama miliknya dan penyematan teknologi artificial intelligence (AI) termutakhir, yakni Qualcomm AI Engine generasi ketujuh.

Teknologi AI tersebut memungkinkan Snapdragon 8 Gen 1 bekerja empat kali lebih cepat ketimbang Snapdragon 888.

Prosesor multicore Snapdragon 8 Gen 1 jadikan main game di OPPO X5 Pro 5G tanpa ngelag.Dok. Oppo Prosesor multicore Snapdragon 8 Gen 1 jadikan main game di OPPO X5 Pro 5G tanpa ngelag.

Dari segi kartu grafis, Snapdragon 8 Gen 1 juga dilengkapi Graphics Processing Unit (GPU) Qualcomm Adreno terbaru. GPU ini dirancang ulang sehingga mampu bekerja 25 persen lebih efisien. Dengan dukungan GPU ini, Oppo Find 5X Pro 5G mampu menghasilkan rendering grafis 50 persen lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya.

Kemudian, penyematan prosesor Qualcomm Hexagon pada Oppo Find X5 Pro 5G juga membuat pengemasan arsitektur akselerator fusi, termasuk akselerator tensor, dua kali lebih cepat.

Dengan spesifikasi tersebut, prosesor dengan AnTuTu Benchmark Score sebesar 2.704.548 itu berhasil menduduki peringkat pertama dan mengungguli prosesor generasi sebelumnya, yakni Snapdragon 888, yang digunakan pada Oppo Find X3 Pro 5G.

Baca juga: Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Tak hanya chipset Snapdragon 8 Gen 1, memori bersama yang ada pada Oppo Find X5 Pro 5G juga membuat kinerja flagship ini semakin gahar. Maka tak heran, Oppo Find X5 Pro 5G mampu membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu tanpa lagging.

Daya tahan baterai seharian

Meski dibekali dapur pacu yang canggih, konsumsi daya pada Oppo Find X5 Pro 5G tetap efisien. Selain efisien, flagship ini juga dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 milliamper per hour (mAh), teknologi fast charging, serta sistem multi-tier cooling untuk menyalurkan panas dan mendinginkan prosesor.

Terkait teknologi fast charging, Oppo menyematkan fitur pengisian daya sangat cepat 80 watt (W) SuperVOCC. Berkat teknologi ini, pengguna dapat mengisi daya dari 0 persen sampai 50 persen dalam waktu 12 menit.

Oppo Find X5 Pro 5G juga telah didukung pengisian daya nirkabel, yakni 50 W AirVOOC. Dengan fitur ini, baterai akan mengisi penuh hingga 100 persen dalam 27 menit.

Fitur fast charging juga dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G. Dok. Oppo Fitur fast charging juga dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G.

Dengan kapasitas baterai besar ditunjang kemampuan mengisi daya supercepat itu, Oppo Find X5 Pro 5G bisa digunakan difungsikan sebagai powerbank. Sebab, smartphone ini dapat mendukung reserve wireless charging dengan daya sebesar 10 W.

Selanjutnya, Oppo Find X5 Pro 5G juga dilengkapi dengan fitur Smart Battery Health Algorithm. Fitur ini dapat mempertahankan arus pengisian baterai maksimum sehingga membuat masa pakai baterai lebih tahan lama dengan durasi pengisian yang lebih cepat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Find X5 Pro di Indonesia

Inovasi lain yang dilakukan Oppo juga terlihat pada sisi antena. Untuk menjaga konektivitas internet tetap stabil, Oppo Find X5 Pro 5G menggunakan 360 Smart Antenna 3.0. Antena ini memiliki kekuatan dan jangkauan sinyal yang lebih baik.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Ceramic White dan Glaze Black. Dibanderol dengan harga Rp 14.999.000, smartphone ini dapat dibeli di OPPO Brand Store, OPPO Official Store, Erafone, Urban Republic, mitra toko, dan e-commerce partner terkemuka.

OPPO Find X5 Pro 5G tersedia dalam dua warna.Dok. Oppo OPPO Find X5 Pro 5G tersedia dalam dua warna.

Bagi pemegang kartu kredit dari bank partner juga bisa mendapatkan manfaat berupa cashback sampai Rp 1 juta.

Selain itu, Oppo juga menyediakan program Trade In Oppo Find X5 Pro 5G dengan additional buyback value hingga Rp 1,5 juta dan bank cashback hingga Rp 1 juta.

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Resmi di Indonesia, Harga Rp 15 Juta

Khusus pembelian lewat MyOPPO App, pengguna akan mendapatkan dua kali Bind Phone Rewards berupa 11.000 points, voucer Kopi Kenangan sebesar Rp 25.000, voucer Transmart sebesar Rp 100.000, dan diskon IoT sebesar Rp 10.000.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5 G dan promo menarik lain, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.