Trik untuk "Mengarsipkan" Postingan Reels Instagram Sementara

Kompas.com - 27/06/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram menyediakan fitur "Archive (Arsip)" beberapa tahun lalu. Fitur Arsip memungkinkan pengguna menyembunyikan atau mengarsipkan postingan foto atau video yang telah diunggah ke Instagram Feed atau Stories.

Nantinya, postingan yang diarsipkan, bisa dimunculkan kembali ke laman profil Instagram kapanpun.

Sayangnya, fitur Arsip tampaknya belum tersedia untuk postingan Instagram Reels. Sehingga, apabila pengguna ingin postingannya "hilang" dari grid/kisi di laman profil, satu-satunya cara adalah dengan menghapusnya.

Baca juga: 2 Cara Melihat Arsip Instagram Story, Feed, dan Live

Namun, ada trik yang bisa dilakukan untuk "mengarsipkan" Instagram Reels, yakni dengan cara menghapusnya sementara waktu. Pengguna bisa memanfaatkan fitur restore atau memulihkan postingan yang telah dihapus.

Jadi, konten Instagram, baik foto, video, maupun Reels yang dihapus, masih bisa dipulihkan atau dikembalikan lagi ke grid profil sebelum 30 hari sejak dihapus.

Sebelum tenggat waktu tersebut, postingan Reels akan "disimpan" dalam suatu tempat oleh Instagram, sehingga pengguna bisa memulihkannya lagi ke profil. Lantas, bagaimana trik "mengarsipkan" postingan Instagram dengan cara menghapusnya sementara?

Baca juga: Unggahan Instagram yang Dihapus Bisa Dikembalikan, Begini Caranya

Trik untuk mengarsipkan postingan Reels di Instagram.Kompas.com/Bill Clinten Trik untuk mengarsipkan postingan Reels di Instagram.

  • Langkah pertama, kunjungi postingan Reels yang akan "diarsipkan"
  • Lalu, klik ikon "tiga titik vertikal" yang berada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada jendela pop-up yang muncul, pilih menu "Delete" untuk menghapus postingan Reels.
  • Lalu, klik kembali tombol "Delete" untuk mengonfirmasi penghapusan di jendela pop-up berikutnya.
  • Selesai, postingan Instagram Reels Anda pun sudah dihilangkan atau dihapus dari laman Reels.

Nah, untuk mengembalikannya, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

Trik untuk mengarsipkan postingan Reels di Instagram.Kompas.com/Bill Clinten Trik untuk mengarsipkan postingan Reels di Instagram.

  • Pergi ke laman profil Instagram dan klik ikon "tiga garis horisontal" yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya, pilih menu "Your activity" dan pilih menu "Recently deleted" di tampilan berikutnya.
  • Setelah itu, Anda akan melihat beragam postingan Instagram yang sudah dihapus oleh Anda dalam waktu 30 hari ke belakang, termasuk postingan Instagram Reels.
  • Di tampilan ini, pilih postingan Instagram Reels yang ingin dipulihkan atau dikembalikan atau di-restore ke laman profil Instagram.

Trik untuk mengarsipkan postingan Reels di Instagram.Kompas.com/Bill Clinten Trik untuk mengarsipkan postingan Reels di Instagram.

  • Usai dipilih, klik "tiga titik vertikal" yang berada di pojok kanan bawah tampilan postingan Reels Instagram.
  • Lalu, pilih menu "Restore" dan klik tombol "Restore" di jendela pop-up yang muncul.
  • Selesai, postingan Instagram Reels Anda kini sudah dipulihkan dan kembali ke "tempat asalnya", yaitu di profil Instagram tepatnya di tab Reels.

Baca juga: Instagram Reels Diperpanjang Jadi 90 Detik, Indonesia Sudah Kebagian

Perlu diingat kembali, beragam postingan yang ada di laman "Recently deleted" tadi akan dihapus secara otomatis dalam waktu 30 hari.

Artinya, apabila pengguna ingin mengembalikan postingan Reels-nya kembali, maka mereka harus melakukannya dalam kurun waktu tersebut. Jika tidak, maka postingan Instagram Reels akan dihapus selamanya.

Pengguna juga bisa menghapus permanen postingan Instagram Reels mereka dari laman "Recently deleted".

Caranya adalah dengan memilih menu "Delete" ketika mereka hendak memulihkan sebuah postingan Reels dari laman "Recently deleted", sebagaimana gambar yang berada di tengah pada ilustrasi di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.