Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Dark Mode dan Manfaatnya

Kompas.com - 27/06/2022, 18:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Dark mode atau mode gelap mungkin bukan hal yang yang asing lagi pengguna smartphone atau laptop. Lain dengan mode normal yang bernuansa cerah atau terang, dark mode akan mengatur tampilan layar agar didominasi background gelap sehingga nyaman dipandang mata, khususnya saat perangkat dioperasikan malam hari.

Pada dasarnya dark mode akan mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar, namun tetap mempertahankan kontras rasio warna mininal agar setiap teks tetap terbaca dengan jelas. Selain dark mode, pengaturan ini juga biasanya dikenal sebagai black mode, dark theme, night mode atau light on the dark.

Mode ini sudah didukung oleh banyak perangkat di lintas sistem operasi (OS), termasuk iPhone maupun smartphone Android. Beberapa OS untuk komputer juga sudah menawarkan opsi yang sama, sehingga pengguna bisa menerapkan mode gelap pada laptop maupun desktop.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Dipakai komputer zaman dulu

Dihimpun KompasTekno dari Forbes, Kamis (23/6/2022), teknologi dark mode sebenarnya bukan hal baru. Sebab, layar komputer zaman dulu juga sudah menggunakan fitur yang kini di sebut dark mode, karena kapasitas tabung sinar katoda beberapa dekade lalu.

Contohnya perangkat yang disebut Teletext yang menampilkan teks berwarna kuning dengan background layar hitam, sehingga pengguna perlu mengernyitkan mata untuk melihat teksnya.

Namun seiring waktu, agar mendorong orang-orang biasa memakai komputer, akhirnya antarmuka komputer disesuaikan lagi supaya menyerupai kertas dan menampilkan teks dengan jelas layaknya tulisan hitam di atas kertas putih.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di Google Docs, Sheets, dan Slides

Apa manfaat Dark Mode?

Sejumlah ahli menilai bahwa mode gelap atau dark mode lebih sehat dan lebih mudah bagi pengguna untuk membaca teks dari layar dengan background gelap, karena mengurangi ketegangan mata.

Meski demikian, ada pula pro kontra tentang penilaian tersebut karena teks yang ditampilkan pada dark mode bisa tampak pudar sehingga membuat mata mudah lelah. Berikut kelebihan dan kekurangan dark mode.

Kelebihan dark mode

  • Lebih nyaman digunakan ketika pengguna di area minim cahaya, misalnya di kamar tidur saat malam hari atau di bioskop, sehingga tidak mengganggu orang lain
  • Blue light yang dipancarkan jadi lebih sedikit
  • Cukup menghemat baterai karena konsumsi dayanya lebih sedikit
  • Mengurangi ketegangan mata
  • Beberapa ahli berkata dark mode dapat membantu orang yang sensitif dengan cahaya atau memiliki gangguan penglihatan

Kekurangan dark mode

  • Teks bisa jadi tampak pudar sehingga membuat mata lelah
  • Mungkin menyulitkan pengguna untuk membanca konten atau teks yang panjang
  • Teks terang pada background gelap kemungkinan sulit dibaca di ruangan dengan pencahayaan sedang
  • Dark mode pada panel layar LCD tidak begitu menghemat baterai, kecuali layar OLED
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com