Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Error, Kamera Tidak Bisa Digunakan

Kompas.com - 29/06/2022, 16:40 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram (IG) kembali dikeluhkan penggunanya. Kali ini, pengguna mengeluhkan kamera Instagram error.

Adapun error ditemukan ketika pengguna hendak mengunggah konten Instagram Stories dengan mengambil langsung foto atau merekam video menggunakan kamera Instagram.

Saat hendak mengambil gambar, tombol shutter atau kamera Instagram tidak bisa digunakan sebagaimana mustinya. Pengguna tidak dapat mengeklik tombol kamera. Gangguan ini dialami sebagian pengguna Instagram baik di iOS dan Android.

Tampaknya, Instagram down kali ini tidak terjadi secara masif. Sebab, sebagian tim KompasTekno tidak mengalami masalah kamera Instagram error.

Baca juga: Instagram Error, Story Terulang dari Awal Meski Sudah Dilihat

Berdasarkan pantauan KompasTekno, hanya kamera Instagram di fitur Stories saja yang tidak berfungsi. Sementara tombol kamera untuk mengunggah feed, masih berfungsi dengan baik.

Keluhan kamera Instagram error juga mengalir di Twitter. Seperti yang dirasakan sebagian tim KompasTekno, pengguna lain juga tidak bisa menekan tombol kamera ketika ingin mengambil gambar lewat fitur Stories.

Salah satunya seperti yang diungkapkan pengguna Twitter dengan handle @sodasedih_ yang mengaku tidak bisa mengambil foto atau merekam video untuk konten Instagram Stories.

"Kepada @instagram, kenapa ya saya tidak bisa foto/rekam saat akan buat Instastories? Saya sudah update versi terbaru tapi sama saja. Mohon bantuannya :)," tulis akun @sodasedih_.

Baca juga: Cara Mengatasi Error “Tidak Dapat Memuat Gambar Ketuk Untuk Mencoba Lagi” di Instagram

Keluhan serupa juga disampaikan oleh akun Twitter dengan handle @.candravjn. Berdasarkan postingan yang diunggah oleh @.candravjn, masalah yang terjadi di fitur Instagram Stories sudah terjadi sejak pagi.

"Mau sampai kapan begini terus? Bikin story aja enggak bisa. #instagramdown," tulisnya.

Keluhan serupa juga diungkapkan akun dengan handle @.deakrlsfa. Dia bahkan sudah mencoba beberapa cara dengan harapan bisa kembali menggunakan kamera Instagram Stories dengan normal.

"Instagram down ya? Saya ingin menekan tombol kamera buat Stories malah enggak bisa? Restart HP juga percuma. Tetep saja tombol kamera tidak bisa dipencet? Bukan cuman saya saja, kan? #instagramdown #Instagram," tulisnya.

Baca juga: Cara Mengganti Sampul pada Video Instagram dengan Mudah

Laporan keluhan Instagram juga muncul di situs Down Detector pada Rabu (29/6/2022), sekitar pukul 06.48 WIB.

Pada pukul 14.39 WIB, laporan Instagram down semakin meningkat dengan angka tertinggi mencapai 30 laporan.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan apakah laporan masalah di Down Detector berkaitan dengan kamera Instagram error.

Sebab, bila melihat keterangan yang tercantum, 52 persen masalah yang masuk adalah seputar login, di mana pengguna yang akunnya dinon-aktifkan, dilaporkan tidak bisa login kembali.

Sebanyak 40 persen merupakan masalah aplikasi yang tidak dirinci lebih lanjut, dan hanya 5 persen laporan terkait masalah koneksi server.

Menurut situs Down Detector, laporan Instagram error hari ini sebagian besar berasal dari Jakarta dan Surabaya.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan apapun dari Instagram terkait masalah kamera Instagram error.

Baca juga: Instagram Uji Fitur Notes, Mirip IG Stories tapi Hanya Tulisan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com