Mengenal Twitch dan Bedanya dengan YouTube

Kompas.com - 29/06/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Nama "Twitch" mungkin masih asing di telinga sebagian umum masyarakat. Namun di kalangan pemain game, Twitch dianggap sebagai salah satu platform yang cukup populer digunakan. Lalu, apa sebenarnya Twitch itu?

Twitch merupakan platform berbagi video yang menyajikan beragam jenis konten, mulai dari game, olahraga, musik, dan lain sebagainya.

Tidak hanya bisa diakses melalui situs resminya, Twitch juga dapat disaksikan melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2011 lalu, Twitch dikenal sebagai aplikasi yang mengandalkan fitur siaran langsung (live stream) untuk terhubung dengan followers (pengikut).

Baca juga: Diperbarui, YouTube Gaming Makin Mirip Twitch

Dengan fitur ini, konten kreator dapat menyiarkan video secara langsung sehingga dapat disaksikan secara real-time oleh para followers.

Sebagian besar konten video yang disajikan di Twitch masuk ke dalam kategori game, baik itu game konsol, PC, ataupun mobile. Itu sebabnya, Twitch lebih terkenal di kalangan para gamer.

Selama live streaming berlangsung, tidak jarang konten kreator juga memperlihatkan wajah mereka. Hal ini dilakukan untuk memperlihatkan reaksi dan respons konten kreator selama sesi live streaming berlangsung, sekaligus menambah kedekatan dengan followers.

Follower juga dapat berinteraksi dengan konten kreator melalui fitur "live chat". Fitur ini menampilkan beragam jenis percakapan yang ditulis follower sehingga dapat dibaca oleh konten kreator.

Baca juga: Kecewa Mixer Gabung Facebook Gaming, Streamer Eksodus ke Twitch

Secara garis besar, Twitch memiliki sejumlah keunikan dengan platform berbagi video lainnya, terutama YouTube.

Kedua aplikasi ini sama-sama menjadi wadah bagi konten kreator untuk mengekspresikan hobinya melalui tayangan video dan fitur live streaming.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.