Trafik Meningkat, XL Axiata Tambah Kapasitas Data Jalur KRL Yogyakarta-Solo

Kompas.com - 30/06/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Yogyakarta-Solo yang beroperasi sejak Maret 2021 lalu, membuat mobilitas masyarakat juga meningkat. Hal ini berimbas pada melonjaknya trafik atau lalu lintas data operator seluler XL Axiata.

Menurut Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, lonjakan trafik data yang dialami XL Axiata bahkan mencapai 78 persen. Untuk mengimbangi lonjakan trafik data ini, Bambang mengatakan, XL berupaya meningkatkan kualitas di sepanjang jalur tersebut.

Menurut Bambang, XL Axiata saat mengoperasikan lebih dari 220 Base Transceiver Station (BTS) 4G untuk menopang kualitas jaringan di sepanjang jalur yang dilalui KRL Yogyakarta-Solo ini.

Baca juga: Daftar HP 5G Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Vivo yang Mendukung 5G XL Axiata

Selain itu, XL Axiata juga melakukan ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency untuk menghadirkan layanan internet cepat dan kelancaran komunikasi penggunanya.

Bambang mengatakan, saat ini, jaringan internet XL Axiata sudah tersedia di sepanjang jalur KRL Yogyakarta-Solo, termasuk 11 stasiun yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten.

Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi BTS, termasuk BTS penopang jalur KRL.

Fiberisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data menjadi lebih cepat dan stabil.

"Sekarang, jika kita naik KRL atau kereta apa saja di jalur Yogyakarta-Solo, pasti kualitasnya jaringannya bagus. Buka internet akan lancar dan stabil. Bahkan sejak sebelum ada KRL, jalur ini sudah menjadi prioritas XL Axiata, mengingat ini memang jalur yang sangat sibuk," kata Bambang dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (30/6/2022).

Trafik naik 120 persen dalam dua tahun terakhir

XL Axiata memastikan akan terus melakukan peningkatan jaringan 4G di kawasan aglomerasi Yogyakarta–Solo, mengingat kebutuhan layanan data yang terus meningkat.

XL Axiata mencatat, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 120 persen di kawasan ini dalam dua tahun terkahir, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Solo Raya.

Baca juga: XL Sengaja Belum Matikan Sinyal 3G di 2.000 Site, Ini Alasannya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.