Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Meningkat, XL Axiata Tambah Kapasitas Data Jalur KRL Yogyakarta-Solo

Kompas.com - 30/06/2022, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta Rel Listrik (KRL) relasi Yogyakarta-Solo yang beroperasi sejak Maret 2021 lalu, membuat mobilitas masyarakat juga meningkat. Hal ini berimbas pada melonjaknya trafik atau lalu lintas data operator seluler XL Axiata.

Menurut Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, lonjakan trafik data yang dialami XL Axiata bahkan mencapai 78 persen. Untuk mengimbangi lonjakan trafik data ini, Bambang mengatakan, XL berupaya meningkatkan kualitas di sepanjang jalur tersebut.

Menurut Bambang, XL Axiata saat mengoperasikan lebih dari 220 Base Transceiver Station (BTS) 4G untuk menopang kualitas jaringan di sepanjang jalur yang dilalui KRL Yogyakarta-Solo ini.

Baca juga: Daftar HP 5G Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Vivo yang Mendukung 5G XL Axiata

Selain itu, XL Axiata juga melakukan ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency untuk menghadirkan layanan internet cepat dan kelancaran komunikasi penggunanya.

Bambang mengatakan, saat ini, jaringan internet XL Axiata sudah tersedia di sepanjang jalur KRL Yogyakarta-Solo, termasuk 11 stasiun yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten.

Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi BTS, termasuk BTS penopang jalur KRL.

Fiberisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data menjadi lebih cepat dan stabil.

"Sekarang, jika kita naik KRL atau kereta apa saja di jalur Yogyakarta-Solo, pasti kualitasnya jaringannya bagus. Buka internet akan lancar dan stabil. Bahkan sejak sebelum ada KRL, jalur ini sudah menjadi prioritas XL Axiata, mengingat ini memang jalur yang sangat sibuk," kata Bambang dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (30/6/2022).

Trafik naik 120 persen dalam dua tahun terakhir

XL Axiata memastikan akan terus melakukan peningkatan jaringan 4G di kawasan aglomerasi Yogyakarta–Solo, mengingat kebutuhan layanan data yang terus meningkat.

XL Axiata mencatat, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 120 persen di kawasan ini dalam dua tahun terkahir, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Solo Raya.

Baca juga: XL Sengaja Belum Matikan Sinyal 3G di 2.000 Site, Ini Alasannya

Dalam kurun dua tahun terakhir tersebut, XL juga melakukan ekspansi layanan di lebih dari 260 BTS yang tersebar di Solo Raya, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sleman.

XL melaporkan, kini, ada total lebih dari 1.200 BTS XL di seluruh wilayah Yogyakarta, Sleman, Surakarta, Sukoharjo, hingga Klaten.

Dengan total BTS tersebut, XL Axiata melayani lebih dari 900.000 pelanggan di kawasan tersebut.

Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Sleman dengan total lebih dari 320.000 pelanggan. Lalu disusul Sukoharjo dengan 193.000 pelanggan serta Klaten lebih dari 168.000 pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com