Dibuka Pukul 13.00, Ini Link Pengumuman UMPTKIN 2022 untuk Melihat Hasil Seleksi

Kompas.com - Diperbarui 30/06/2022, 12:18 WIB

KOMPAS.com - Seleksi masuk perguruan tinggi untuk jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN 2022 hampir berakhir. Peserta sudah bisa melihat hasil seleksi UMPTKIN 2022 pada hari ini, Kamis (30/6/2022), mulai pukul 13.00 WIB.

Hasil seleksi itu dapat dicek oleh peserta melalui pengumuman UM-PTKIN 2022 secara daring di situs web “um-ptkin.ac.id”, sama seperti saat proses pendaftara. Atau, bisa juga dicek lewat situs web “pengumuman.um-ptkin.ac.id”.

Baca juga: Uji Coba Mulai 1 Juli, Ini Link dan Cara Daftar MyPertamina Secara Online buat Beli Pertalite atau Solar

Bagi peserta yang ingin melihat pengumuman UM-PTKIN 2022 pada pukul 13.00 WIB nanti, silakan ikuti langkahnya di bawah ini.

Cara cek pengumuman UM-PTKIN 2022

  • Kunjungi link pengumuman UM-PKTIN 2022 ini https://um-ptkin.ac.id/ atau https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.
  • Selanjutnya, masukkan username dan password untuk login akun ke situs web tersebut, sama seperti saat pendaftaran.
  • Saat berhasil login, peserta bakal mengetahui status kelulusan dalam seleksi UM-PKTIN 2022.

Perlu diketahui, pendaftaran UM-PTKIN 2022 ini telah berlangsung sejak dua bulan yang lalu, tepatnya pada 25 April dan berakhir hingga 4 Juni 2022.

UM-PTKIN 2022 dibuka khusus untuk peserta yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi keagamaan islam negeri, seperti Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan sebagainya.

Proses seleksi dari UM-PTKIN 2022 telah diselenggarakan pada 14-18 Juni lalu. Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru UM-PTKIN 2022 Imam Taufiq mengatakan, dalam proses seleksi tersebut setidaknya terdapat 1.266 program studi yang dibuka.

Program studi yang dibuka meliputi studi ilmu agama, IPA, IPS, bahasa Arab, dan bahasa Inggris, Dari jumlah program studi tersebut, dikatakan Imam, daya tampung yang tersedia pada jalur UM-PTKIN 2022 adalah sebesar 94.600.

Adapun jumlah peserta yang mendaftar dan mengikuti hingga proses seleksi akhir tercatat terdapat sebesar 98.968 orang.

“Pendaftar PTKIN sejumlah 142.716, dengan yang finalisasi angkanya adalah 98.968,” kata Imam dalam konferensi pers pengumuman UM-PTKIN 2022, Kamis (30/6/2022).

Kemudian, Imam juga menambahkan bahwa jumlah peserta yang lolos adalah sebesar 63.717. Jumlah kelulusan yang lebih rendah dibanding daya tampung itu dijelaskan Imam karena cukup banyak peserta yang terkonsentrasi mendaftar di program studi tertentu.

“Kuota yang kita miliki tidak terpenuhi meskipun jumlah pendaftarnya banyak karena banyak yang mendaftar di prodi-prodi yang gemuk, sehingga jumlah itu harus berkompetisi, misalnya di PAI, perbankan syariah, farmasi, teknologi informasi,” kata Imam.

Baca juga: Apa Itu MyPertamina yang Bakal Dipakai buat Beli Pertalite dan Solar?

Kemudian, bagi peserta yang tidak lolos nanti, masih bisa mengikuti seleksi mandiri dari tiap kampus. Itulah informasi seputar pengumuman UM-PTKIN 2022 yang bisa diakses secara online via situs web “um-ptkin.ac.id”, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.