Arti Kata “Afh Iyh” yang Ramai Digunakan di Twitter

Kompas.com - Diperbarui 03/07/2022, 14:21 WIB

KOMPAS.com - Bahasa gaul di Twitter kian beragam. Adapun salah satu bahasa gaul di Twitter yang kini kerap muncul adalah kata “Afh Iyh”. Kata tersebut termasuk dalam kategori bahasa gaul karena tidak terkodifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sebagian dari Anda mungkin juga sempat melihat kata Afh Iyh nongol di linimasa Twitter. Contoh penggunaan kata Afh Iyh salah satunya bisa dilihat lewat unggahan Tweet dari akun dengan handle @hamtaro___, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Link dan Cara Bikin Spotify Iceberg yang Ramai Dibagikan di Twitter

Pada Tweet yang telah disukai sebanyak lebih dari 30.000 kali itu, penulis memuat Afh Iyh dan tampak tengah kesal terhadap penggunaan kata tersebut.

Selain Tweet di atas, contoh lain penggunaan kata Afh Iyh di Twitter juga bisa dilihat pada unggahan Tweet dari akun dengan handle @mmontwo, sebagaimana tertera dalam cuplikan di bawah ini.

Berbeda dengan contoh sebelumnya, Tweet yang diunggah oleh akun dengan handle @mmontwo menggunakan kata Afh Iyh yang disertai tanda tanya. Dalam konteks penulisan Tweet tersebut, kata Afh Iyh tampak dipakai untuk mempertanyakan kebenaran sesuatu hal.

Penggunaan kata Afh Iyh di Twitter dengan konteks untuk mempertanyakan kebenaran sesuatu hal, juga bisa dijumpai pada unggahan Tweet dari pengguna lain. Lantas, apa itu Afh Iyh yang sering dipakai di Twitter?

Tidak diketahui secara pasti siapa yang memulai untuk mempopulerkan penggunaan kata Afh Iyh di Twitter. Namun berdasar penelusuran KompasTekno di linimasa Twitter, kata Afh Iyh cukup banyak dipakai oleh akun fans K-pop.

Biasanya, kata Afh Iyh dipakai bersamaan dengan mengunggah foto atau gambar yang berisi peristiwa tertentu. Di kata itu, sering pula dibubuhkan tanda tanya jadi seperti “Afh Iyh?”, misalnya seperti Tweet di bawah ini dari akun dengan handle @giselleoocmn.

Dilihat dari kebiasaan pemakaiannya, Afh Iyh kemungkinan besar tergolong sebagai kalimat tanya yang terdiri dari dua kata. Jika kata pembentuk kalimat tanya Afh Iyh itu dilafalkan maka suaranya mirip dengan “Apa” dan “Iya” (Apa iya).

Dengan demikian bisa dikatakan, Afh Iyh adalah pelesetan dari kalimat tanya “Apa iya”, yang hanya mengganti huruf konsonan “p” jadi “f” dan huruf vokal “a” di belakang susunan kata jadi “h”.

Dari pelesetan tersebut, arti kata Afh Iyh itu sama seperti “Apa iya”. Kalimat “Apa iya” sendiri bisa digunakan untuk mempertanyakan benar atau tidaknya sebuah kejadian pada fenomena tertentu.

Baca juga: Arti Kata “Salty” yang Sering Muncul di Twitter

Begitu pun dengan Afh Iyh, yang dipakai di Twitter untuk menanyakan kebenaran dari sebuah kejadian, sesuai dengan contoh kebiasaan pengguna di atas. Itulah penjelasan seputar arti kata Afh Iyh yang kerap digunakan di Twitter, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.