Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia G11 Plus Resmi Meluncur, Kamera 50 MP Jadi Pembeda

Kompas.com - 30/06/2022, 15:29 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HMD Global sebagai pemilk lisensi merek Nokia kembali meluncurkan smartphone seri G, yaitu Nokia G11 Plus. Ponsel Android ini merupakan penerus dari Nokia G11 yang diluncurkan pada Februari 2022 lalu.

Meski menyandang gelar "Plus", Nokia G11 Plus tidak bisa dibilang sebagai versi upgrade dari G11. Pasalnya, Nokia G11 Plus tidak terlalu memiliki perbedaan dengan Nokia G11 sebelumnya.

Kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang signifikan hanya pada sektor kamera. Justru, Nokia G11 Plus hanya dibekali dua kamera belakang, G11 reguler punya tiga kamera belakang.

Meski demikian, kamera utama Nokia G11 Plus ditingkatkan menjadi 50 megapiksel dengan bukaan f1.8. Sementara itu, untuk kamera kedua adalah lensa depth sensor 2 MP.

Seperti diketahui, Nokia G11 reguler dibekali tiga kamera belakang. Untuk kamera utama, memiliki resolusi 13 MP disertai lensa PDAF, yaitu kemampuan lensa untuk mengunci fokus lebih cepat. Lalu, kamera kedua 2 MP lensa makro, sedangkan yang ketiga adalah depth sensor 2 MP.

Sementara itu, Nokia G11 Plus dibekali kamera depan sebagai kamera berswafoto 8 MP. Tak ada perbedaan kamera depan antara G11 dan G11 Plus.

Selain dari persamaan dan perbedaan yang sudah dipaparkan, Nokia G11 Plus juga memiliki spesifikasi menarik lainnya. HMD Global mengeklaim bahwa perangkat ini dapat bertahan selama tiga hari dalam sekali pengisian daya.

Tidak sampai di sana, Nokia G11 Plus juga dijanjikan akan mendapat pembaruan Android selama dua tahun ke depan dan pembaruan keamanan sampai tiga tahun ke depan.

Di sisi tampilan, layar Nokia G11 Plus punya layar berponi dengan lekukan ke arah bawah layaknya tetesan air (waterdrop). Ponsel ini memiliki bezel yang cukup tebal pada bagian bawahnya.

Lalu, layar tersebut menggunakan panel LCD IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel, aspek ratio yang dimiliki punya perbandingan 20:9, sedangkan untuk refresh rate-nya berada di angka 90 Hz.

Untuk dimensi dan bobot perangkat, terdapat perbedaan kecil. Akan tetapi, perbedaan tersebut mungkin tidak dapat terlihat secara kasat mata.

Untuk Nokia G11 Plus, dimensi dan bobotnya adalah 164,8 x 75,9 x 8,6 mm dengan bobot 192 gram, sedangkan Nokia G11 memiliki dimensi 164,6 x 75,9 x 8,5 mm dengan bobot 189 gram.

Baca juga: Bos Nokia Sebut Pengguna Smartphone Makin Sedikit 2030

Pada sektor dapur pacu, HMD Global masih belum mengumumkan chip apa yang akan digunakan Nokia G11 Plus. Kendati demikian, diprediksi chipset yang dipakai adalah Unisoc T606 SoC, sama seperti seri Nokia G11 dan Nokia G21.

Chipset ini akan ditemani RAM sebesar 4 GB dengan penyimpanan internalnya sebesar 64 GB. Perluasan kapasitas bisa juga dilakukan pengguna hingga mencapai 512 GB menggunakan slot microSD yang tersedia.

Meski belum diumumkan HMD Global, Nokia G11 Plus disebut bakal dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh yang dapat diisi ulang melalui port USB-C. Untuk kemampuan pengisian daya, tidak diungkapkan berapa keluaran daya yang didukung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com