Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Samsung Galaxy A Fold Bakal Dijual Rp 11 Jutaan?

Kompas.com - 30/06/2022, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumor soal keberadaan ponsel lipat murah bikinan Samsung semakin santer terdengar.

Pada awal Juni ini, pembocor gadget (tipster) ulung yang biasa mengumbar bocoran produk terbaru Samsung di Twitter, @chunvn8888, menyebutkan bahwa Samsung tengah bersiap membuat ponsel lipat versi lebih murah.

Ponsel lipat murah itu diyakini masuk ke seri kelas menengah Samsung, yakni Galaxy A.

Sekarang, rumor itu pun ikut diamini oleh ET News, outlet media asal Korea Selatan yang kerap akurat memberikan bocoran.

ET News melaporkan bahwa Samsung tengah memproduksi smartphone lipat entry-level, atau kita sebut saja sebagai Galaxy A Fold/Flip, akan dijual dengan harga di bawah 1 juta won atau sekitar Rp 11,4 juta.

Dengan tambahan biaya lain-lain, seperti pajak dan bea, ponsel lipat Galaxy A itu diprediksi bakal dijual dengan harga sekitar 800 dollar AS atau kira-kira Rp 11,8 juta.

Harga ini tentu lebih murah dibandingkan ponsel lipat flagship Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 yang dirilis 2021 lalu. Saat diluncurkan, Z Fold3 dijual dengan harga Rp 25 juta, sementara Galaxy Z Flip3 seharga Rp 16 juta.

Baca juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Indonesia

Tak ada fitur premium?

Menurut laporan ET News, Samsung mengakali harga murah itu dengan memangkas fitur premium yang dibawa Galaxy Z Fold dan Z Flip. Misalnya, layar foldable phone murah bikinan Samsung tidak dibekali kaca fleksibel "Ultra Thin Glass".

Jadi, nantinya, ponsel lipat murah Galaxy A hanya akan membawa fungsi-fungsi inti saja.

Sebagai model terbaru, Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 sendiri memang dibekali sejumlah teknologi mumpuni dan fitur premium.

Misalnya, keduanya menjadi foldable device pertama di dunia yang dibekali dengan fitur ketahanan terhadap air (water resistance) dengan sertifikasi IPX8. Ada pula pelumas baru pada engsel Galaxy Z Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 yang diklaim bisa tahan hingga 200.000 kali lipatan.

Ponsel lipat murah Galaxy A diprediksi tidak membawa fitur premium tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 Dilaporkan Laris Manis serta Diminati Anak Muda

Hadir 2024-2025 mendatang?

Samsung Galaxy Z Flip3Samsung Samsung Galaxy Z Flip3
Hingga kini, informasi soal kehadiran ponsel lipat murah dari seri Galaxy A ini masih sangat minim.

Pasalnya, baik @chunvn8888 maupun ET News tidak merinci lebih lanjut soal bocoran spesifikasi serta tampang ponsel lipat murah dari seri Galaxy A ini.

Pun, belum diketahui ponsel lipat murah jenis apa yang tengah kerjakan Samsung. Apakah dengan skema lipat seperti menutup buku seperti seri Galaxy Z Fold atau dengan skema lipat clamshell seperti Galaxy Z Flip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com